Dark/Light Mode

Catatan 3 Hari Vaksinasi Untuk Awak Media

Waspada, Tekanan Darah Tinggi Mengintai Para Pemburu Berita

Sabtu, 27 Februari 2021 12:51 WIB
Suasana Vaksinasi Covid-19 untuk Awak Media di Hall Basket, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (26/2). (Foto: Firsty Hestyarini/RM)
Suasana Vaksinasi Covid-19 untuk Awak Media di Hall Basket, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (26/2). (Foto: Firsty Hestyarini/RM)

 Sebelumnya 
Tingginya tensi, dipicu oleh banyak faktor. Bisa saja, calon peserta vaksinasi tegang karena takut disuntik, atau memikirkan efek setelah vaksinasi. Bahkan, ada yang kepikiran berat sejak beberapa hari sebelum vaksinasi.

Namun, tingginya ritme kerja dan tekanan yang dihadapi para wartawan dalam meliput dan mempublikasikan berita, juga menjadi faktor penting yang tak boleh dilupakan.

Baca juga : Dihadiri Jokowi, Peluit Vaksinasi Covid Untuk Awak Media Dibunyikan Hari Ini

Bukan rahasia, jika wartawan kerap bekerja hingga larut malam, dan nyaris tak kenal libur. Mungkin juga, banyak yang kurang memperhatikan asupan makanan, mengingat tingginya ritme kerja.

Dikutip dari laman resmi NHS, seseorang berisiko tinggi mengalami hipertensi jika: berusia lebih dari 65 tahun mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, memiliki garis keturunan dengan darah tinggi makan, terlalu banyak garam, memiliki pola makan tidak sehat, jarang berolahraga minum terlalu banyak alkohol, terlalu banyak konsumsi kafein, merokok, dan kurang tidur.

Baca juga : Selain Tanah Abang, Anies Siapkan Vaksinasi Untuk 153 Pedagang Di Pasar DKI

Sehingga, bukannya tak mungkin, melonjaknya tensi saat proses screening vaksinasi Covid bukanlah sesuatu yang baru dialami oleh yang bersangkutan.

Bisa jadi, tensi memang sudah merambat naik. Namun, tidak atau kurang disadari oleh yang bersangkutan. Bagi yang akhirnya berhasil divaksin, tingginya tensi harusnya dapat menjadi alarm kondisi tubuh, yang sudah menuntut perhatian ekstra.

Baca juga : Menteri Suharso: Media Harus Independen Dan Objektif Menyajikan Berita

Jangan lagi abai, sebab penyakit darah tingi bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah seperti penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, bahkan kematian. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.