Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Unand Wisuda Daring 1.781 Mahasiswa, Rektor Minta Jaga Idealisme

Sabtu, 27 Februari 2021 18:05 WIB
Pelaksanaan Upacara Wisuda IV Universitas Andalas pada 5 Desember 2020 lalu. [Foto ilustrasi: Unand]
Pelaksanaan Upacara Wisuda IV Universitas Andalas pada 5 Desember 2020 lalu. [Foto ilustrasi: Unand]

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Andalas (Unand) Padang kembali menggelar wisuda 1.781 mahasiswa secara daring pada Wisuda Pertama 2021, Sabtu (27/2/2021).

Menurut Rektor Unand, Prof Dr Yuliandri, SH, MH, tahun ini masih merupakan tahun yang cukup berat bagi dunia pendidikan, karena dampak pandemi Covid-19 yang belum berakhir. “Walaupun demikian, pengalaman dalam masa pandemi selama satu tahun ini memaksa kita agar Tridarma Perguruan tetap berjalan," katanya di Padang.

Prosesi wisuda daring di masa pandemi, lanjutnya, memberi pesan, bahwa proses pendidikan mengharuskan kolaborasi. "Kolaborasi paling nyata adalah antara universitas dengan orang tua/wali mahasiswa. Karena mahasiswa ada yang belajar dari rumah, termasuk prosesi pemindahan jambul pun kita lakukan bersama," kata dia.

Baca juga : Pilih Milenial Jangan Asal

Perhaih gelar doktor bidang Hukum Perundang-undangan dari Universitas Airlangga, Surabaya ini mengaku menyadari, tugas penyelenggaraan pendidikan tinggi merupakan simbiosis mutualisme dengan mahasiswa dan orang tua. Karena itu, kampus selalu mengharapkan dukungan keduanya.

Apalagi, tuntutan penyelenggaraan pendidikan tinggi hari ini tidak hanya sekadar mendidik mahasiswa agar menjadi sarjana. Namun juga sampai pada titik bagaimana ilmu yang diperoleh bisa diimplementasikan dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Kepada wisudawaan, Yuliandri berharap, gelar yang diperoleh hari ini tidak menjadi salah satu pembatas untuk terus memperdalam ilmu serta mengamalkannya untuk kemaslahatan bangsa, negara, agama dan masyarakat.

Baca juga : Yonex Thailand Terbuka, Tunggal Putri Tak Tersisa, Sektor Lain Terus Optimis

Bila setelah ini ada yang masuk ke dunia kerja, baik dengan membuka lapangan kerja sendiri, atau mengabdi pada instansi pemerintah maupun swasta, dia berpesan, agar tetap menjadi orang yang idealis.

"Peliharalah idealisme yang dipupuk selama ini. Jaga integritas saudara dan nama baik almamater," pinta Guru Besar di bidang Ilmu Perundang-undangan ini.

Sementara Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan, sembari mendoakan, agar ilmu dan gelar yang diperoleh bisa bermanfaat.

Baca juga : Pemerintah Tanggung Biaya Perawatan

Pemprov Sumbar, ujarnya, siap terus berkolaborasi dengan Universitas Andalas dalam rangka kemajuan dunia pendidikan dan pembangunan di Sumbar. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.