Dewan Pers

Dark/Light Mode

Cinta Hasil Karya Indonesia

Jokowi Mau Mall Diisi Banyak Produk UMKM

Minggu, 7 Maret 2021 05:24 WIB
Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, Kamis (4/3). (Foto : Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden).
Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, Kamis (4/3). (Foto : Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyerukan semua pihak untuk mencintai dan memilih produk Indonesia ketimbang produk luar negeri.

Ajakan ini disampaikan agar masyarakat loyal terhadap hasil karya anak negeri. Khususnya, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berita Terkait : Bintang Muda Indonesia Desak Pencopotan Moeldoko

“Cinta tapi benci. Cinta barang kita (produk dalam negeri), benci produk luar negeri. Dengan begi­tu, penjualan dari produsen lokal bisa meningkat ke depannya,” kata Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, Kamis (4/3).

Tidak hanya gertak sambal, Jokowi langsung minta Men­teri Perdagangan Muhammad Lutfi membuat kebijakan dan strategi dalam memasarkan produk lokal. Salah satunya, me­nempatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di tempat strategis, baik di pameran hingga pusat perbelanjaan.

Berita Terkait : Politisi Hanura: Maksud Jokowi Baik, Ajak Masyarakat Cinta Produk Lokal

“Pusat belanja, mall harus terus didorong dari Jakarta ke daerah untuk buatan produk-produk Indonesia, khususnya UMKM. Jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis justru diisi oleh brand luar negeri,” tegas Jokowi.

Dia meminta Kementerian Perdagangan juga mengatur agar lokasi penjualan merek luar negeri dipindah ke tempat yang tidak strategis. Dengan demikian, selu­ruh tempat strategis akan menjadi jatah merek-merek lokal.

Berita Terkait : Bisnisnya Moncer, AFC Indonesia Cetak Banyak Jutawan

Branding lokal, lanjut Jokowi, juga harus melekat di masyarakat, agar mereka lebih mencintai produk Indonesia dibandingkan dengan produk luar negeri.
 Selanjutnya