Dark/Light Mode

Pengadaannya Dilakukan Dengan Skema G To G

Vaksin Yang Ada Di Sini Asli Masyarakat Tak Usah Takut

Jumat, 12 Maret 2021 05:16 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Foto : Shutterstock)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Foto : Shutterstock)

 Sebelumnya 
Lokasi lainnya, kata Iwan Ali Darmawan, Afrika Selatan. Sebanyak 3 warga China dan satu warga Zambia ditahan di sebuah gudang di Kota Gauteng—tempat ampul-ampul berisi 2.400 dosis vaksin palsu ditemukan.

Cania Citta berharap di dalam negeri tak ada vaksin palsu. “Di China dan Afrika Selatan sudah beredar vaksin palsu. Saya sangat ber­harap nggak muncul dan berkembang di sini (Indonesia),” harap Cania Citta.

Garuda Merah Putih menyambung. Dia menegaskan, vaksin di Indonesia belum ada yang palsu. Namun, dia meminta masyarakat tetap waspada penipuan penyediaan vaksin di Indonesia dengan modus bayar dengan transfer.

Baca juga : Genjot Pemulihan Pariwisata, Pemerintah Gelar Vaksinasi Drive Thru

“Pengadaan vaksin di Indonesia gratis dan tidak berbisnis,” tegasnya.

“Jadi nggak usah ketakutan kalau dapat jatah vaksin, nggak ada yang palsu, semua asli,” ujar Citra Ayu.

April Lagi Aza menyambung. Dia menegaskan, hingga kini belum ada pemalsuan vaksin Covid-19 di Indonesia. Dia mengimbau masyarakat tidak membeli vaksin Covid-19 yang bebas diperjualkan belikan. “Sudah pasti vaksin palsu,” tandas dia.

Baca juga : 1,1 Juta Vaksin AstraZeneca Tiba Di Indonesia

Hnifah Andini menila, vaksin Covid-19 masih sangat terbatas. Sehingga, vaksin yang diperjualbelikan secara bebas sudah pasti bisa menjadi komoditas palsu.

“Sampai detik ini belum ada kejadian vaksin dijual bebas,” kata dia

“Polri menegaskan, hingga saat ini belum menemukan adanya kasus vaksin Covid-19 palsu,” timpal Polres Pati.

Baca juga : Nih, Dua Hambatan Yang Bikin Covid Sulit Dikendalikan

Akun @NasDem berharap, vaksin Covid-19 palu tidak ditemukan di Indonesia. Keberadaan vaksin palsu menurunkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan vaksinisasi.

“Vaksin palsu seperti ini bisa dihindari den­gan cara: pembelian vaksin oleh pemerintah dan distribusi ke masyarakat juga dikontrol pemerintah,” sambung Bajul Coin.

Arus Baik mengatakan, PT Bio Farma (Persero) memastikan tidak ada vaksin Sinovac palsu yang beredar di Indonesia. “Sebab, setiap vial dan kemasan vaksin memiliki kode identi­fikasi yang unik di Indonesia,” katanya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.