Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Jika Langgar Prokes, Polri Segera Hentikan Piala Menpora

Minggu, 21 Maret 2021 20:21 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (Foto: Ist)
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberi izin turnamen pramusim sepak bola Piala Menpora 2021 yang mulai digelar Minggu (21/3). Kepolisian meminta panitia pelaksana memastikan penyelenggaraan turnamen ini menerapkan Protokol Kesehatan (prokes) ketat.

"Arahan dari Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kegiatan kepemudaan dan keolahragaan harus dilakukan dengan kedisiplinan dan komitmen dari seluruh pihak menerapkan protokol kesehatan," ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Minggu (21/3).

Ditegaskannya, pihaknya tak segan menghentikan pertandingan dan memberikan sanksi tegas kepada penyelenggara jika melanggar prokes.

Baca juga : Genjot Vaksinasi Lansia, Ini Strategi Yang Diterapkan Pemkab Tangerang

Diingatkannya, Polri memberikan izin turnamen Piala Menpora dengan beberapa catatan. Pertama, semua laga tanpa kehadiran penonton di stadion yang disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi dan media daring.

Kedua, panitia harus membatasi jumlah pemain, ofisial, panitia, petugas keamanan, undangan, dan awak media di area pertandingan maksimal 299 orang. Penyelenggaraan pertandingan dilaksanakan di stadion pada wilayah zona hijau Covid-19.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot Dewa Broto setuju, kepolisian boleh langsung menghentikan laga jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan.

Baca juga : Arsenal Vs Olympiakos, Penantian Balas Dendam The Gunners

"Tak perlu khawatir, ini kan hanya uji coba. Polisi berhak menghentikan laga jika terjadi pelanggaran prokes saat gelaran Piala Menpora," tegas Gatot.

Dikatakannya, Kemenpora telah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, seperti PSSI, PT LIB, dan Polri. Koordinasi ini agar kegiatan olahraga sepak bola dapat berlangsung dengan aman di tengah pandemi Covid-19. 

Gatot yakin turnamen ini akan berlangsung sesuai dengan prokes. Dicontohkannya, PSSI dan PT LIB telah membuktikan gelaran pertandingan sesuai dengan prokes saat mengadakan laga uji coba Timnas U-22 Indonesia melawan dua klub Indonesia, awal Maret lalu.

Baca juga : Pelni Gratiskan Bagasi 40 Kg Per Penumpang

"PSSI dan LIB sudah menjelaskan prokes di stadion sebelum dan sesudah. Dua pertandingan itu lancar," klaim Gatot.

Piala Menpora, tambah Gatot, menjadi tantangan bagi penyelenggara melaksanakan kegiatan keolahragaan. Sebab, di negara lain sudah ada yang menggelar pertandingan olahraga walau pandemi Covid-19 masih berlangsung. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.