Dark/Light Mode

Kasus Merintangi Penyidikan KPK

Istri Dan Anak Nurhadi Suruh Sopir Melarikan Diri

Rabu, 31 Maret 2021 06:30 WIB
Terdakwa mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi (kiri) berjalan menuju ruang pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (29/3/2021). (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Terdakwa mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi (kiri) berjalan menuju ruang pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (29/3/2021). (ANTARA/M Risyal Hidayat)

 Sebelumnya 
“Mobil itu terparkir di luar pintu gerbang rumah untuk bersiap-siap menjemput Rezky Herbiyono bersama keluarganya,” tutur Setyo.

Ketika petugas KPK mendekati mobil tersebut, Ferdy langsung tancap gas. Petugas sempat melakukan pengejaran, tapi yang bersangkutan menghilang ke arah Senayan.

Baca juga : DPR Usul Hak Guna Usaha Perusahaan Diukur Ulang

Lolos dari penggerebekan, petugas memburu Fery sampai kediamannya di Sidosermo, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur. Namun tak menemukan orang yang dicari.

Pada Jumat, 8 Januari 2021, keberadaan Ferdy terendus. KPK berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk menangkapnya. “Setiba di lokasi, FY sudah tidak ada. KPK kemudian mengamankan barang bukti,di antaranya beberapa dokumen dan telepon genggam, serta 1 unit mobil Fortuner warna hitam,” kata Setyo.

Baca juga : Anak Buah Prabowo Selamat Apa Tamat

Mobil ini yang digunakan Ferdy saat hendak menjemput Rezky saat penggerebekan di Simprug. Mendapati temuan ini, KPK bersama Polresta Malang Kota dan Polsek Klojen melakukan penyisiran. Ferdy akhirnya ditemukan menginap di sebuah hotel. Ia pun dicokok.

Adapun perkara Nurhadi dan Rezky, berkaitan penerimaan suap Rp 45,7 miliar dari Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal, Hiendra Soenjoto untuk pengurusan perkara.

Baca juga : Perhatikan Prosedur Dan Cara Manfaatkan GeNose Di Bandara

Selain itu, Nurhadi dan Rezky menerima gratifikasi Rp 37,287 miliar dari sejumlah pihak yang berperkara. Dalam penyidikan kasus ini, Tin dan Rizki ikut diperiksa. Namun status mereka hanya sebagai saksi. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.