Dark/Light Mode

KY Tunjuk Aktivis Antikorupsi Miko Ginting Jadi Juru Bicara

Kamis, 1 April 2021 18:39 WIB
Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting. (Foto: Ist)
Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Yudisial (KY) secara resmi menetapkan Miko Ginting sebagai Juru Bicara KY yang baru. Miko terpilih setelah menyisihkan tiga nama lainnya dalam seleksi yang dilakukan panitia seleksi (pansel).

"Nama peserta yang lulus adalah saudara Miko Susanto Ginting," ujar Sekretaris Jenderal KY Arie Sudihar, Selasa (30/3), dikutip hari ini, Kamis (1/4).

Sebelumnya, Miko Ginting dan para calon juru bicara KY lainnya mengikuti serangkaian tahapan, yaitu seleksi administrasi, penulisan press release dan makalah rencana strategi komunikasi publik KY, showcase liputan media cetak dan media elektronik, dan wawancara dengan anggota KY.

Baca juga : KPK Lakukan Penyuluhan Antikorupsi Pada Napi Asimilasi di Lapas Sukamiskin dan Tangerang

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi KY Amzulian Rifai menyatakan, Juru Bicara KY diangkat untuk mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas KY dalam bidang komunikasi publik.

Dia berharap, kehadiran Juru Bicara KY akan meningkatkan sinergi antara KY dengan stakeholder seperti Mahkamah Agung (MA), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Pemerintah, masyarakat sipil dan akademisi, media, serta masyarakat.

"Dalam menjalankan wewenang dan tugasnya, KY membutuhkan dukungan semua elemen. Kehadiran Juru Bicara KY ini akan mengemas isu-isu peradilan, pelaksanaan wewenang dan tugas KY, serta informasi lain yang menjadi hak publik," lanjut Amzulian.

Baca juga : BUMN Tunjuk Bos Food Station Tjipinang Jadi Dirut RNI

Miko Ginting yang akrab disapa Miko adalah pengajar di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera dan konsultan independen dalam berbagai riset.

Selain sebagai peneliti dan pengajar, Miko aktif dalam berbagai advokasi bersama kelompok masyarakat sipil terutama terkait isu pembaharuan peradilan, sistem peradilan pidana, hak asasi manusia, dan antikorupsi.

“Saya mengucapkan terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan. Semoga saya dapat menjalankan tugas ini dengan baik," tutur Miko yang mulai mengemban tugasnya mulai hari ini.

Baca juga : Aktivitas Vulkanik Terus Meningkat, Gunung Merapi Naik Status Jadi Siaga

Ke depan, dia akan berusaha mewujudkan sebuah ekosistem komunikasi yang sehat dan solid dalam kerangka tugas dan kewenangan KY. "Untuk itu, saya sangat membutuhkan dukungan dari banyak pihak," pintanya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.