Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Siaga Ajak PPAD Gabung Dalam Aksi Sosial Kemanusiaan

Jumat, 2 April 2021 05:37 WIB
Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri (duduk tengah) dan anggota berfoto dengan Ketua Relawan Siaga Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo (duduk ketiga kanan) bersama anggota. (Foto: Istimewa)
Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri (duduk tengah) dan anggota berfoto dengan Ketua Relawan Siaga Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo (duduk ketiga kanan) bersama anggota. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi kemanusiaan Relawan Siaga berkunjung ke Markas Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), di Matraman, Jakarta, Kamis (1/4). Kunjungan ini dilakukan untuk memperkenalkan diri sekaligus mohon restu dalam menjalakan kegiatan di bidang sosial.

Pada Pertemuan ini, Ketua Relawan Siaga Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo mengajak anggota PPAD bergabung menjadi Ketua Relawan Siaga pada tiap daerah. Agus menjelaskan, organisasi yang berdiri pada 10 November 2019 mengajak para purnawirawan TNI AD kembali mengabdi kepada masyarakat memalui Relawan Siaga yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Baca juga : Pesan Airlangga Untuk Anindya Dan Kadin Daerah Soal Pemulihan Ekonomi

"Prinsip kegiatannya adalah, ketika ada orang yang perlu dibantu dan ada orang yang akan bantu, maka Relawan Siaga tampil sebagai fasilitator. Anggota Relawan Siaga bisa menjadi jaminan terhadap orang miskin atau sakit yang perlu bantuan. Bantuan anggota Relawan Siaga berupa bantuan umum, khusus, dan sepesial. Saat ini Relawan Siaga ingin berperan serta membantu pemerintah dalam pelaksaan vaksinasi agar berjalan sukses dan penanganan stunting akibat kurang gizi," ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (2/4).

Agus menerangkan, pihaknya sedang memproses pembentukan Koordinator Wilayah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Papua, dan Maluku. Kemudian membentuk Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Agus berharap, dari PPAD Pusat agar dapat mengijinkan para purnawirawan di daerah bisa bergabung menjadi anggota Relawan Siaga di daerah.

Baca juga : Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bisa Tekan Dampak Sosial Negatif

Ketua PPAD Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri menyambut baik ajakan Relawan Siaga ini. Pihaknya siap membantu dan mendorong anggota PPAD di daerah untuk bergabung dengan Relawan Siaga dalam aksi sosial dan kemanusiaan.

"Saya ungkapkan, dalam hal ini PPAD bangga dan salut terhadap organisasi Relawan Siaga yang berani tampil dengan fokus kegiatan sosial dan kemanusiaan. Saya mengingatkan agar Relawan Siaga konsisten terhadap misi sosial dan kemanusiaan. Jangan terlibat dalam politik praktis serta mewaspadai dan tertib dalam pertanggung jawaban dana organisasi," pesannya.

Baca juga : China Tertekan Digoyang Dunia Soal Kasus Uighur

Dia juga berharap, Relawan Siaga terbuka untuk semua. Juga bisa berkolaborasi dan selalu berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait dalam melakukan aksi sosial dan kemanusiaan. Tujuannya, untuk menghindari benturan dengan fungsi instansi terkait.

"Saya menyarankan agar Relawan Siaga berkolaborasi dengan staf teritorial TNI AD. seperti yang pernah dilakukan TNI AD pada masa lalu dalam kegiatan sekata dalam nestapa," tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.