Dark/Light Mode

41 Orang Meninggal Di NTT

Jangan Ributin Politik Terus, Perhatiin Tuh Korban Banjir

Senin, 5 April 2021 07:25 WIB
Kerusakan akibat banjir di Nusa Tenggara Timur. (Foto: Twitter @BNPB_Indonesia)
Kerusakan akibat banjir di Nusa Tenggara Timur. (Foto: Twitter @BNPB_Indonesia)

 Sebelumnya 
"Kalau dilihat jumlah korban musibah bencana ini, perlu penanganannya melibatkan pemerintah pusat. Malam ini (tadi malam, red), kepala BNPB Letjen Doni Monardo beserta tim sudah menuju lokasi bencana," ungkap Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, seperti dikutip MNC Portal, kemarin.

Dengan adanya banjir ini, sosiolog dari Universitas Gajah Mada (UGM) Suntoyo Usman meminta para elite untuk mengerem pertarungan politik. Sudah saatnya elite turun dan memberikan perhatian ke korban banjir.

Baca juga : Teroris Amerika Lebih Gila

Selama ini, kata Suntoyo, para elite masih cenderung cuek dengan yang terjadi di masyarakat. Mereka hanya asyik ribut-ribut soal kekuasaan. Tidak memerhatikan penderitaan rakyat.

“Saya kira mereka itu perlu diedukasi. Diberikan kesadaran dalam menangani krisis memang rendah,” katanya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Tekor 400 Ribu Barel BBM

Dia mengimbau agar pemerintah dan elite segera melakukan migitasi terhadap bencana banjir. Baik yang terjadi di NTT, NTB, maupun daerah lainnya. “Apakah banjir itu disebabkan dari hutan yang gundul atau faktor lainnya,” katanya.

Kemudian, dia juga berharap, agar solidaritas para elite dan sesama masyarakat di Indonesia terbangun untuk saling membantu para korban yang terkena bencana. “Kalau di kalangan umat Islam, ada infaq, sodakoh, dan zakat. Itu bisa digerakkan,” sarannya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.