Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Unggah Video Nikahan Atta-Aurel

Setneg Disentil Loyalis Jokowi

Senin, 5 April 2021 07:57 WIB
Foto Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sedang memberi selamat ke Atta dan Aurel yang diunggah akun Twitter @KemensetnegRI.
Foto Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sedang memberi selamat ke Atta dan Aurel yang diunggah akun Twitter @KemensetnegRI.

RM.id  Rakyat Merdeka - Akun Twitter Sekretariat Negara dan akun YouTube Sekretariat Presiden dianggap "keluar jalur". Sabtu kemarin, kedua akun itu mengunggah aktivitas Presiden Jokowi saat menjadi saksi nikah Atta Halilintar dengan Aurel Hermansyah. Unggahan ini menuai banyak kritik. Termasuk dari loyalis Jokowi.

Di akun Twitter @KemensetnegRI, ada empat foto yang diunggah. Tiga foto saat Jokowi duduk menyaksikan akad nikah Atta-Aurel. Satunya lagi, Jokowi dan Ibu Iriana memberi selamat kepada kedua mempelai.

"Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana hadiri akad nikah Aurel dan Atta," demikian cuitan akun Setneg itu.

Baca juga : Kritik Siaran Pernikahan Atta-Aurel, PKS: Jangan Pentingkan Rating!

Unggahan ini mendapat perhatian besar para warganet. Hingga malam, unggahan itu mendapat tanda suka lebih dari 6 ribu pengguna Twitter, di-retweet lebih dari 11 ribu kali, dan mendapatkan balasan lebih dari 6 ribu cuitan.

Sekretariat Negara pun menjadi trending topic di Twitter. Kebanyakan, mempertanyakan urgensi sebuah lembaga negara merilis foto-foto dokumentasi pernikahan tersebut.

Akun @bynbaekhux salah satunya. “Sejak kapan Atta-Aurel jadi urusan negara?” tulisnya. “Mending didelet aja deh..Ini bukan acara resmi kenegaraan kan? Mereka hadir sebagai pribadi, bukan pejabat negara min..sadarlah,” tulis akun @Ozy_MoTo.

Baca juga : Anies Seirama Dengan Jokowi

Tak hanya warganet biasa, komika yang juga pendukung Jokowi saat Pilpres 2019, Ernest Prakasa, ikut mengkritik Sekretariat Negara yang mempublikasi kegiatan Presiden Jokowi di acara pernikahan itu. “Apa urusannya sama negara woy?" cuit Ernest, melalui akun Twitternya, @ernestprakasa.

Ernest mengakui, Atta memang sosok milenial yang paling berpengaruh di Indonesia. Banyak politisi ingin merangkulnya. Namun, dia menilai kegiatan itu seharusnya tidak dipublikasikan di akun Sekretariat Negara. "Tapi kalau ikut dipublikasikan pake akun Sekretariat Negara, menurut gw sih aneh," ujarnya.

Sedangkan akun YouTube Sekretariat Presiden mengunggah video berdurasi 2 menit 5 detik, yang memperlihatkan kedatangan Presiden dan Ibu Negara ke acara pernikahan, saat akad nikah, dan saat memberi selamat kepada kedua mempelai. Video yang diunggah pada Sabtu (3/4) itu telah ditonton lebih dari 1,3 juta dan mendapat lebih dari 5,2 ribu komentar warganet. Video tersebut bahkan menempati trending YouTube Indonesia di peringkat 7.

Baca juga : Kawan Vaksin Siap Disuntik Bareng Jokowi

Beragam komentar muncul. Beberapa akun mendoakan Atta dan Aurel. "Wow.. Pakdhe dan Prabowo hadir. Semoga samawa buat Atta dan Aurel," tulis Inez Official.

Namun, seperti halnya di Twitter, banyak juga yang mengkritik. "Sampe masuk Sekretariat Presiden," tulis DJSejati.

Yang lainnya, mengaitkan resepsi pernikahan Atta dan Aurel ini dengan kegiatan di bulan Ramadan nanti. "Masya Allah.. Alhamdulillah Bapak Presiden dan pejabat tinggi negara bisa kumpul di acara nikahan Atta-Aurel. Semoga bulan Ramadan nanti kita semua boleh juga kumpul di masjid buat solawat taraweh berjamaah," tulis Nunung Hasanah. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.