Dark/Light Mode

KPK Tambah Delapan Personel Korps Baju Cokelat di Kedeputian Penindakan

Jumat, 9 April 2021 14:34 WIB
Pelantikan delapan personel baru Kedeputian Penindakan KPK, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (9/4). (Foto: KPK)
Pelantikan delapan personel baru Kedeputian Penindakan KPK, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (9/4). (Foto: KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik delapan personel baru untuk memperkuat Kedeputian Penindakan. Kedelapan orang itu berasal dari pihak Kepolisian.

Dari 8 orang yang dilantik itu, 2 di antaranya bakal masuk sebagai penyelidik. Sementara 6 orang lainnya akan didapuk sebagai penyidik.

"KPK kembali menambah delapan personel dari unsur kepolisian untuk memperkuat jajaran Kedeputian Penindakan terdiri dari dua orang Penyelidik dan enam orang Penyidik," ungkap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Jumat (9/4).

Baca juga : Punya Banyak Cabang, PT Pos Indonesia Berpotensi Jadi Kanal Penerimaan GNWU

Delapan orang personel korps baju cokelat ini dilantik hari ini di Gedung Merah Putih KPK. Ali bilang, mereka sebelumnya telah mengikuti rangkaian seleksi yang dilakukan secara independen oleh pihak ketiga.

"Kemudian mengikuti pendidikan pembentukan penyidik KPK tanggal 15 Februari-3 Maret 2021 serta induksi pegawai baru tanggal 15-19 Maret 2021 yang diselenggarakan oleh Pusat Edukasi Anti Korupsi KPK," ungkapnya.

Tubuh KPK kini memang didominasi polisi. Sebelumnya, Selasa, 5 Januari 2021, enam anggota Polri didapuk mengisi sejumlah pos.

Baca juga : Rakyat Kebagian Ngilernya

Mereka adalah Deputi Penindakan dan Eksekusi, Irjen Karyoto; Direktur Koordinasi dan Supervisi I, Brigjen Didik Agung Wijanarko; Direktur Koordinasi dan Supervisi II, Brigjen Yudhiawan; serta Direktur Koordinasi dan Supervisi III, Brigjen Bahtiar Ujang Purnama.

Kemudian Direktur Monitoring, Brigjen Agung Yudha Wibowo dan Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Brigjen Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi.

Dengan begitu, sudah ada total sembilan anggota Polri berpangkat bintang yang duduk di jabatan penting KPK. Ketua KPK, Firli Bahuri, merupakan jenderal bintang tiga atau berpangkat Komisaris Jenderal. Ia dilantik Presiden Joko Widodo pada Jumat, 20 Desember 2019 sebagai Ketua KPK jilid V. 

Baca juga : Menteri LHK: Tanam Pohon Bersama Bangun Jiwa Korsa Dan Asah Kepekaan Rimbawan

Sedangkan Direktur Penyidikan KPK Brigjen Setyo Budiyanto dilantik pada Selasa, 22 September 2019. Ia menggantikan Brigjen RZ Panca Putra Simanjuntak yang mendapat promosi menjadi Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Tak lama setelah itu, ia dipercaya mengemban tanggung jawab sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Satu jenderal lainnya di KPK adalah Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro yang dilantik pada Selasa, 14 April 2020. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.