Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bentuk Detasemen Kawal Khusus

Prabowo Turun Sendiri Memilih Orang-orangnya

Sabtu, 10 April 2021 06:50 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus). (Foto: Instagram/rizky_irmansyah)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus). (Foto: Instagram/rizky_irmansyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto membentuk detasemen khusus di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang diberi nama Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus). Detasemen ini bertugas mengawal Prabowo dan tamu-tamu VVIP di Kemenhan.

Perihal datasemen tersebut diungkapkan ajudan Prabowo, Rizky Irmansyah di akun Instagram miliknya, Kamis (8/4). Di akun dengan 177 ribu pengikut ini, Rizky mengunggah video singkat berdurasi satu menitan. Dalam video itu, tampak 150-an prajurit sedang apel di dalam aula berlantai tanah.

Prajurit yang berbadan tegap berdiri dengan sikap sempurna. Mereka berbaris rapi mengenakan seragam lapangan. Baju loreng hijau dengan sepatu lars warna hitam.

Hanya saja, tak jelas warna baret yang dikenakan karena video diambil dari jauh. Pemimpin pasukan ini mengenakan baret warna merah.

Baca juga : Berkasnya Dilimpahkan Ke Jaksa, Edhy Prabowo Cs Segera Disidang

Dalam video itu, Rizky kemudian memberikan pengarahan singkat di atas podium. Juga tak terlalu jelas apa yang disampaikan karena suaranya terdengar menggeremeng. Sekilas, ia meminta para prajurit mendoakan Menhan Prabowo agar senantiasa sehat. Prajurit menjawab degan sigap. “Siapp,” kata mereka kompak, dengan suara lantang.

Rizky lalu menjelaskan siapa pasukan tersebut. “Mereka adalah Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan yang dibentuk oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,” tulis Rizky di akun @rizky_irmansyah.

Pasukan ini dilatih, ditempa, dididik di Batujajar Pusdiklat Kopassus di Jawa Barat. Pasukan ini nantinya akan bertugas mengawal dan menjaga keamanan Kementerian Pertahanan, Menteri Pertahanan, tamu-tamu khusus Kementerian Pertahanan dan juga upacara penyambutan jajar kehormatan tamu-tamu negara.

Kata dia, pasukan ini diseleksi dan dipilih langsung oleh Prabowo. “Tiap-tiap personel dibekali kemampuan penjagaan serta pengawalan VVIP, pola penyambutan tamu dalam serta luar negeri dan tentunya kemampuan lain yang tak bisa saya jabarkan,” ucapnya.

Baca juga : Kejagung Sebar Tim Cari Aset Tersangka

Terakhir, ia menuliskan semboyan Denwalsus: Setia Berani.

Sampai tadi malam, video itu sudah ditonton sebanyak 46 ribu kali. Sebanyak 250 pengguna menuliskam komentar. Isinya beragam. Sebagian memberikan dukungan dan pujian kepada Prabowo.

Akun @isje_gerbera misalnya memberikan acungan jempol. Dia bilang, semoga pembentukan Denwalsus ini tak hanya bermanfaat untuk Kemenhan. Tapi juga untuk rakyat. “Mantap,” serunya.

Akun Gus_Raharjo menilai pembentukan ini menggambarkan kalau Prabowo memang pintar. Setelah teroris, Prabowo langsung bentuk Denwalsus. “Menhan memang cepat dan tanggap pertahanan NKRI. Ayo kita Dukung,” ajaknya. “Jangan lupa pasukan berkuda,” tulis @napiks.

Baca juga : KPK Bentuk Satgas Khusus Buru Masiku Dan Buronan Lain

Akun @santorinissun mengatakan dengan pasukan ini, Prabowo kini punya mainan baru. Pengawal khusus bagi kementeriannya. “Mungkinkah beliau mulai alert dengan ancaman teroris?” tanyanya.

Akun @handiman.ali mendukung pembentukan pasukan ini. “Keren Banget Mas”. Akun @rifkitata86 juga ikut mendukung. “Mantap komandan,” ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.