Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketumnya Jadi Tokoh Partai dengan Elektabilitas Tertinggi

Golkar: Pak Airlangga Fokus Tangani Covid…

Senin, 12 April 2021 17:41 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah). (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto jadi tokoh partai politik (parpol) yang elektabilitasnya paling tinggi untuk menjadi calon presiden (capres) 2024. Hal itu merupakan hasil survei lembaga Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

"Elektabilitas tokoh parpol, di sini Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto tertinggi dengan 17,6 persen," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam peluncuran hasil survei calon pemimpin 2024: Banjir Tokoh Menuju 2024, secara virtual, Senin (12/4).

Airlangga mengungguli Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang berada di urutan kedua dengan elektabilitas 15,6 persen, dan politisi Gerindra lainnya, Sandiaga Uno di posisi ketiga dengan 13,7 persen.

Di posisi berikutnya ada politisi PDIP Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang berbagi angka sama, yakni 9,6 persen.

Kemudian, di bawahnya, ada Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 9,0 persen, disusul Presiden PKS Ahmad Syaikhu dengan 8,3 persen dan politikus senior Golkar Jusuf Kalla (JK) dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang sama-sama mendapat 5,9 persen. Sementara di posisi kesepuluh, bertengger politisi NasDem Ahmad Sahroni dengan 4,8 persen.

Baca juga : Belakangan Ini, Jumlah Kasus Sembuh Lebih Tinggi Dari Jumlah Kasus Positif

Survei dilakukan kepada 1.260 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia pada 29 Maret hingga 4 April 2021.

Menanggapi hasil ini, Ketua Bappilu Partai Golkar Maman Abdurahman yang juga hadir dalam konferensi pers virtual menyatakan, dia merespon positif hasil survei yang menempatkan Airlangga di posisi teratas. "Ya seneng lah ya," ujar Maman.

Yang menarik, dalam hasil survei ini, Airlangga tidak masuk dalam 10 besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi dalam kategori terbuka. Di kategori ini, Prabowo Subianto juaranya. Namun, diukur elektabilitas dari tokoh parpol, Airlangga justru jadi yang pertama. "Berarti mindset masyarakat masih terbelah, masih liar, masih sangat dinamis," tuturnya.

Maman menuturkan, ada tiga hal yang jadi pertimbangan dalam melihat kandidat. Pertama, pertimbangan preferensi publik yang diukur dari popularitas dan elektabilitas kandidat seseorang.  Yang kedua adalah partai politik. Dan ketiga, preferensi objektif berdasarkan kualifikasi seseorang. 

"Ketum kami mungkin bisa masuk dalam kategori yang ketiga. Dalam pandangan kita, seorang Airlangga Hartarto ini dari segi latar belakang, track record, pengalaman, beliau sudah punya dari semua lini," ungkap Maman.

Baca juga : Tembak Demonstran, Militer Myanmar Pakai Tangan Besi

Airlangga seorang ekonom, teknokrat, pernah duduk di DPR RI tiga periode, memegang jabatan ketua fraksi, dan dua kali jadi menteri di dua periode pemerintahan Jokowi.

"Namun secara popularitas, kok tidak masuk dalam survei tadi? Kita menilai karena preferensi publik itu berbeda dengan elit politik," imbuhnya. 

Internal partai beringin sendiri sudah mendorong Airlangga untuk maju sebagai capres 2024. Tapi Airlangga belum mengiyakan karena ingin fokus terhadap penanganan Covid-19.

"Karena beliau Jawa kan ya. Ketum Golkar pertama era reformasi yang Jawa kan pak Airlangga ini. Jadi ada eweuh pakeweuhnya, toto kromonya sangat tinggi sekali. Jadi sampai hari ini beliau belum mau merespon aspirasi dari bawah ini," beber Maman.

"Beliau begini jawabannya; 'aduh, kita fokus dulu ngurus covid deh, nanti soal presiden kita lihat dulu perkembangannya'. Kami menghargai dan mengapresiasi niat beliau yang serius bekerja," imbuh dia. Karena itu, kata Maman, mesin partai beringin belum berjalan sama sekali. 

Baca juga : Gaet Bio Farma, Unhan Percepat Peran Fakultas Farmasi Militer Ikut Tangani Covid-19

Founder KedaiKOPI Hendri Satrio menilai, Airlangga punya kesempatan yang cukup besar. Sebagai Menko Perekonomian, Airlangga bisa memanfaatkan momentum.

"Kalau 2023 perekonomian membaik, bukan tidak mungkin sosok Airlangga Hartarto ini memiliki momentum yang baik. Ini momentum yang baik bagi tokoh-tokoh ekonomi," tutur Hensat, sapaan akrabnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.