Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Oleh-oleh Ustad Ke Capres

Tasbih Dan Tepuk Dada Maknanya Apa Ya

Minggu, 14 April 2019 09:08 WIB
Capres Nomor Urut 01 Jokowi saat menerima hadiah dari Mbah Moen dan Habib Luthfi. (Foto: Istimewa)
Capres Nomor Urut 01 Jokowi saat menerima hadiah dari Mbah Moen dan Habib Luthfi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan ulama kepada para capres terjadi di akhir-akhir masa kampanye. Saat memberi dukungan, sang ulama juga memberikan oleh-oleh. Dari tasbih, minyak wangi hingga tepukan dada disertai doa.

Yang pertama heboh adalah Prabowo Subianto. Saat bertemu dengan Ustad Abdul Somad (UAS), Kamis (11/4) lalu, Prabowo diberi oleh-oleh minyak wangi dari kayu gaharu dan tasbih kecil berwarna hijau dari Persia kesayangan Sang Ustad. Sebelum mendoakan Prabowo, UAS menepuk dada kiri Prabowo dengan tangan kanannya sembari mengajari dan membacakan kalimat tauhid. Dalam khazanah thariqah, peristiwa ini disebut Talqin. Kurang lebih maksudnya untuk menanamkan kalimat tauhid kepada seseorang.

Esok harinya, giliran Ustad Adi Hidayat (UAH) mendatangi kediaman eks Danjen Kopassus itu untuk menyampaikan pesan yang tidak jauh berbeda. Peristiwa menepuk dada juga dilakukan UAH kepada Prabowo.

Baca juga : Debat Capres Dan Plus-Minusnya

Selanjutnya, kemarin, Prabowo bertemu dengan Ustad Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Aa Gym hanya memberi pesan-pesan dan doa kepada Prabowo dan Sandi. Tak kalah istimewa, Jokowi juga menerima hadiah istimewa dari ulama khos Nahdlatul Ulama (NU). Pertama yakni tasbih dari Rais 'Aam Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya sebelum ke Konser Putih Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK).

Tasbih biru lumayan besar ini diterima Jokowi saat berbincang dengan Habib Luthfi dan ulama kharismatik NU, KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) di Hotel Fairmont, Jakarta. Tasbih biru menyala ini dikalungkan Habib Luthfi ke leher Jokowi. Mbah Moen juga memberi oleh-oleh. Kiai asal Rembang ini memberi serban berwarna hijau dan mengalungkannya ke leher Jokowi.

Berbeda dengan Prabowo, Jokowi tidak ditepuk dadanya oleh dua ulama besar ini. Namun, Jokowi sempat ditepuk dadanya oleh Ustad Yusuf Mansur saat tampil perdana di konser di GBK. Yusuf tampak mendekati Jokowi selepas berorasi. Dia menepuk-nepuk dada Jokowi. Jokowi terlihat tersenyum sambil menengadahkan tangan berdoa.

Baca juga : Jangan Timpuk TV Anda Kalau Acaranya Hambar

Dukungan ulama kepada para capres menjadi perhatian netizen. Wakil Ketua DPR Fadli Zon di akun @fadlizon bangga jagoannya diberi hadiah istimewa.

"Alhamdulilah akhirnya UAS mendukung @prabowo. Tapi bukan sekadar dukung, beliau memberi hadiah istimewa, minyak wangi oud dan tasbih serta dua permintaan yang luar biasa. Semakin hormat dan bersyukur kita punya ulama seperti UAS, tak haus harta, politik dan jabatan," kicaunya, disambut @Choco_strwbrry. "Doa, gerbong besar ulama-ulama kasyaf, energi dari Allah SWT, tasbih kesayangan, minyak oud dan tsunami hijrah golputers."

Sementara, para pendukung Jokowi juga punya penilaian sendiri. Akun @Yudi_Sijisongo yakin ini akan membawa berkah. "Semoga membawa berkah dan barokah dukungan dari para Habib dan Ulama di seluruh Indonesia untuk Pak Jokowi. Untuk Satu Indonesia," kicaunya, dibalas @danangsumartono. "Dulu Peci Gus Dur, sekarang sorban hijau Kyai Maimoen dan tasbih biru Habib Luthfi."

Baca juga : Waspada Serangan Fajar, Ada Yang Vulgar dan Diam-diam

Ada juga yang mengapresiasi dua peristiwa yang hampir sama kepada kedua capres. "Keduanya sama-sama dapet restu dan sama-sama diberikan tasbih," cuit @togetbigger, disambut @roming_chan. "Keramat, karomah dan barokah ulama semoga bisa mengantar kita jadi negara yang dicintai Allah SWT," kicaunya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :