Dark/Light Mode

Suntikkan Sendiri Vaksin Nusantara Ke Ical

Terawan Tebal Kuping

Sabtu, 17 April 2021 07:45 WIB
Politikus senior Partai Golkar, Aburizal Bakrie disuntik vaksin Nusantara oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (16/4/2021). Foto: Instagram/aburizalbakrie.id)
Politikus senior Partai Golkar, Aburizal Bakrie disuntik vaksin Nusantara oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (16/4/2021). Foto: Instagram/aburizalbakrie.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyaknya kritikan tak membuat Terawan Agus Putranto menghentikan pengembangan vaksin Nusantara. Kemarin, dia tetap menyuntikkan vaksin Covid-19 buatannya ke Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie. Terawan benar-benar tebal kuping ya.

Penyuntikan vaksin Nusantara ke Ical -sapaan Aburizal Bakrie- dilakukan Terawan sendiri. Penyuntikan dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pukul 2 siang. Ical tidak disuntik sendiri, dia ditemani istrinya, Tatty Murnitriati.

Penyuntikan vaksin Nusantara itu diunggah Ical di akun Instagram pribadinya, @aburizalbakrie.id, kemarin. Ada dua foto dan dua video yang diunggah eks Ketua Umum Partai Golkar itu.

Pada slide pertama, terlihat foto Ical yang mengenakan kaos polo biru hitam sedang disuntik vaksin oleh Terawan. Tidak seperti kebanyakan vaksinator di tempat vaksinasi, Terawan hanya mengenakan kemeja putih lengan pendek dipadukan celana panjang hitam dan masker. Dia tidak mengenakan pakaian hazmat.

Baca juga : Tidak Usah Dipolitisasi, Ikuti Kaidah Ilmiah Dengan Benar

Kemudian, pada slide kedua, berisi video Ical sedang memamerkan vaksin Nusantara. Tidak ada omongan dari Ical seperti sebelumnya.

Sedangkan pada slide ketiga, terlihat foto istri Ical dan Tatty sedang memamerkan vaksin Nusantara. Tatty mengenakan batik terusan.

Sementara di slide terakhir, memperlihatkan video Terawan sedang menyuntik vaksin ke istri Ical. Terawan dibantu seorang perawat dalam penyuntikan ini. Dalam foto dan video yang diunggah Ical, Terawan tidak berkomentar apa-apa.

Dalam keterangan di fotonya, Ical menjelaskan, mau jadi relawan vaksin Nusantara. Dia mengatakan, tidak meragukan kemampuan Terawan. Ical juga mengaku berutang nyawa pada jenderal bintang tiga ini. Karena berkat metode “cuci otak” karya Terawan, Ical terselamatkan dari serangan stroke yang fatal.

Baca juga : Kepala BPOM: Tak Ada Pilih Kasih, Vaksin Nusantara Mentok Di Persyaratan

Penuturan Ical, masih banyak tokoh nasional yang pernah ditolong Terawan. Dengan begitu, akan banyak juga yang akan mendukung vaksin Nusantara. Ia meminta, karya Terawan ini tidak perlu dipertentangkan. Sebab, vaksin Nusantara merupakan ikhtiar yang baik untuk kemanusiaan.

Daripada membuang energi untuk berpolemik, Ical meminta masyarakat berdoa di bulan yang penuh berkah ini. “Di bulan Ramadan yang baik ini mari kita juga berdoa semoga pandemi Covid-19 segera teratasi, dan kita bisa kembali beraktifitas dan berkarya seperti sediakala,” ucapnya.

Hingga tadi malam, foto Ical divaksin sudah di like 1.963 orang. Dan, dikomentari 73 orang.

Bagaimana pendapat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan sikap Terawan yang maju terus ini? Kepala BPOM, Penny K Lukito tak mau berkomentar lagi. Dia menyebut, kegiatan tersebut sudah tak ada kaitannya sama sekali dengan BPOM.

Baca juga : Senayan: Vaksin Nusantara Jadi Solusi Kekurangan Stok

“Apa yang sekarang terjadi, itu di luar BPOM, bukan kapasitas BPOM soal itu,” tegasnya, dalam konferensi pers secara daring, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.