Dark/Light Mode

TNI Sudah Siap Tumpas KKB, Tinggal Tunggu Keputusan Politik

Senin, 26 April 2021 23:54 WIB
Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad (Foto: Dok. TNI)
Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad (Foto: Dok. TNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad menegaskan, pihaknya siap membantu polisi menangkap seluruh anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Hal ini disampaikan Achmad menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal di Papua.

"Intinya, kami (TNI) siap untuk menangkap seluruh anggota KKB. Kami menunggu keputusan politik Presiden Jokowi selanjutnya," ucapnya, seperti dikutip Antara, Senin (26/4).

Berita Terkait : 53 Hiu Kencana Insya Allah, Syahid

Selama ini, lanjut dia, TNI dan Polri sudah bekerja sama secara baik untuk menangkap anggota KKB Papua yang sering menembak aparat negara dan warga bahkan hingga menghilangkan nyawa mereka dengan cara yang kejam. Terkait kemungkinan operasi besar-besaran di Papua untuk menangkap seluruh anggota KKB, TNI tetap menunggu keputusan politik selanjutnya dari pemerintah.

Sebelumnya, Jokowi memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri menangkap seluruh anggota KKB setelah serangan yang menewaskan Kepala BIN Daerah Papua Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny, di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4). Ini adalah korban serangan KKB dengan pangkat paling tinggi yang pernah terjadi selama ini, yaitu brigadir jenderal TNI.

Berita Terkait : Inalillahi! 53 Awak KRI Nanggala-402 Dipastikan Meninggal Dunia

Jokowi menegaskan, tidak ada tempat bagi kelompok kriminal di wilayah Tanah Air Indonesia, termasuk Papua. "Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," ujarnya.

Ia menyampaikan duka cita mendalam dan menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny atas pengabdian, dedikasinya, dan pengorbanan yang telah dilakukan. “Atas nama bangsa, rakyat, dan negara saya sampaikan duka cita mendalam kepada keluarga dan yang ditinggalkan," ujarnya. [USU]