Dark/Light Mode

Copot Lurah Pungli Zakat

Mas Gibran Boleh Juga

Senin, 3 Mei 2021 07:37 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat mengembalikan uang pungli yang dilakukan Lurah S dan Linmas ke pedagang, di Solo, Minggu (2/5). (Foto: Instagram/gibran_rakabuming)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat mengembalikan uang pungli yang dilakukan Lurah S dan Linmas ke pedagang, di Solo, Minggu (2/5). (Foto: Instagram/gibran_rakabuming)

 Sebelumnya 
Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan, kop surat yang dipakai bertuliskan untuk melakukan pungli adalah kop Satlinmas dan dengan cap Satlinmas Gajahan. Surat itu diketahui Lurah dan Ketua LPMK Gajahan yang juga membubuhkan tanda tangan tanpa cap.

Teguh mengatakan, aksi para Linmas itu adalah kebiasaan lama. Namun, kondisi saat ini sudah jauh lebih baik sehingga tidak seharusnya kebiasaan itu dilanjutkan. 

Baca juga : Loyo Lagi, Rupiah Gagal Cetak Hattrick Lawan Dolar

"Dulu saat mereka tidak mendapatkan honor, mereka dapatnya ya dari keliling saat 17 Agustus, saat Hari Raya. Tapi, sekarang kan dana kelurahan sudah ada, Linmas juga dapat sembako Lebaran, bantuan sosial dan sebagainya. Jadi, tradisi ini harus diluruskan," kata Teguh. 

Gebrakan Gibran ini mendapat pujian dari warganet. Akun @tokoSMC berharap, kepala daerah lain meniru Gibran. Soalnya, di daerahnya pungli masih ada. "Di sini modusnya minta uang THR, kayanya seikhlasnya, tapi kok nominalnya sudah ditulis terlebih dahulu," kicaunya. 

Baca juga : Loyo Lagi, Rupiah Butuh Vaksin Tokcer

Akun @pinkyliza mengangkat topi atas keberanian Gibran. "Keren mas Gibran," pujinya. "Pemimpin potensial untuk masa depan," timpal @wdtu. 

Akun @yusufcak menyebut, yang dilakukan Gibran patut diapresiasi. "Jarang kepala daerah mau minta maaf," cuitnya. "Lurah mental korup memang harus diberantas," sambar @dilanostraz. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.