Dark/Light Mode

KRI John Lie Bantu Evakuasi ABK Kapal Berbendera Singapura

Sabtu, 8 Mei 2021 21:36 WIB
Foto: Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (AL)
Foto: Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (AL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) John Lie-358 yang dinakhodai Komandan Kolonel Laut (P) Rafael D.A. Putro menyelamatkan seorang Anak Buah Kapal (ABK) MT. St Katherinen yang terombang ambing selama 8 jam di laut Natuna Utara.

Dinas Penerangan Angkatan Laut (AL) dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/5), menyampaikan, penyelamatan ABK tersebut berawal dari signal Distress "Mayday... Mayday... Mayday..." dari MT. St. Katherinen.

Kapal berbendera Singapura tersebut menginformasikan ada salah seorang ABK jatuh ke laut, man over board (MOB) dalam pelayaran dari Rusia menuju Malaysia di perairan ZEEI (7 NM di dalam Landas Kontinen) Laut Natuna Utara sekitar pukul 00.15 WIB, Jumat (7/5).

Baca juga : 3 Kapal AL China Siap Bantu Evakuasi KRI Nanggala-402

KRI John Lie-358 yang sedang melaksanakan patroli kedaulatan di laut Natuna Utara menerima signal "Distress" langsung melaksanakan pengeplotan dan segera menuju lokasi yang dimaksud.

Menurut Rafael, dalam waktu dua jam, KRI John Lie-358 tiba di lokasi, selanjutnya melaksanakan prosedur pencarian dan pertolongan (SAR) dengan metode “Rectangular Search Pattern”.

Metode pencarian dan informasi tambahan yang diperoleh dari sebuah kapal yang melintas membuahkan hasil, sekitar pukul 08.15 WIB, personel KRI John Lie-358 berhasil menemukan korban terombang-ambing oleh gelombang.

Baca juga : Bantu Cari KRI Nanggala-402, Singapura Kirim MV Swift Rescue

Menggunakan Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB), KRI JOL-358 mengevakuasi korban MOB tersebut. Rafael mengatakan, ABK MT St Katherinen yang jatuh ke laut (MOB) yang berhasil diselamatkan tersebut, seorang laki-laki atas nama Avoldin Artem (22).

"Korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat namun mengalami Hipotermia (kedinginan) setelah terapung-apung selama kurang lebih 8 jam. Usai mendapatkan penanganan awal oleh Bintara Kesehatan KRI, korban tersebut dikembalikan ke MT. St Katherinen," tulis Dispen TNI AL, Sabtu (8/5).

Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid mengatakan, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, mengapresiasi upaya penyelamatan nyawa korban (MOB) ABK MT. St Katherinen yang dilakukan KRI John Lie-358.

Baca juga : Dukung Larangan Mudik, Wanita Emas Dorong Pemerintah Tegas Seperti Singapura

"(Beliau juga) menegaskan bahwa keberadaan TNI AL harus dapat memberikan manfaat kepada warga negara Indonesia, termasuk masyarakat internasional pengguna laut dalam mewujudkan keamanan laut dalam perspektif pertahanan dan keamanan," tuturnya.

Kapal MT. ST. Katharinen berbendera Singapura ini berlayar dari Vladianca Rusia dengan tujuan Tg. Balaipus Malaysia, dinakhodai warga negara Kroasia, Brcic Ivica, dengan membawa 17 ABK serta muatan minyak sebanyak 21 ribu ton. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.