Dark/Light Mode

Demi Pemerataan, Penyandang Disabilitas Juga Diberi Posisi Penting

Erick Bangga, Ada Dua Direksi BUMN Dari Papua

Jumat, 28 Mei 2021 05:18 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam acara Inagurasi Putra-Putri Terbaik Papua dan Penyandang Disabilitas untuk Berkarya di BUMN di Jakarta, Selasa (25/5). (Foto : Istimewa).
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam acara Inagurasi Putra-Putri Terbaik Papua dan Penyandang Disabilitas untuk Berkarya di BUMN di Jakarta, Selasa (25/5). (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Pengamat BUMN sekaligus Kepala Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis-Uni­versitas Indonesia (FEB-UI) Toto Pranoto memberikan aplaus kepada Erick. Menurutnya, sudah sewajarnya pemerintah memberi­kan kesempatan seluas-luasnya bagi tiap anak bangsa, tanpa me­lihat fisik, agama, ras dan suku da­lam berkontribusi untuk negara.

Namun, ditekankan Toto, pemerintah tetap perlu melihat kompetensi dan moralitas.

Baca juga : Sri Mul Dan Erick Jadi Dewan Pengawas, Ridha DM Wirakusumah Jadi CEO

“Penunjukan putra-putri bang­sa di jajaran BUMN, tetap harus melalui proses seleksi yang transparan dan akuntabel dari aspek moralitas, rekam jejak dan kompetensi,” imbuhnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Di bawah kepemimpinan Erick, Toto meyakini tidak ada lagi yang namanya social gap maupun generation gap di tubuh BUMN. Semua penilaian ber­dasarkan kemampuan dan kuali­tas masing-masing individu.

Baca juga : Sandi Ajak Penyandang Disabilitas Bangkitkan Industri Kreatif

Dia menilai, selama ini BUMN memiliki citra yang kurang kom­petitif dan kolot. Namun dengan adanya penyetaraan aspek sosial, citra miring BUMN bisa dipatah­kan. Terutama kehadiran generasi milenial potensial, yang saat ini juga menjadi fokus perekrutan BUMN. Hal ini jangan diartikan untuk meminggirkan generasi lama. “Justru sebaliknya, kedua generasi berpotensi menyeim­bangkan proses transformasi di BUMN. Tapi sebaiknya tetap ada bridging antara talenta muda dan eksekutif senior,”tutupnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.