Dark/Light Mode

Kunjungan Ke Surabaya, Jawa Timur

Kang Emil Dikupasin Buah Khofifah Hingga Ketagihan Kaldu Kokot

Sabtu, 29 Mei 2021 19:47 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengupaskan sendiri buah asli pedalaman Kalimantan Tengah, buah Mentega, dan menyuguhkan potongan buahnya ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (29/5). (Foto: Ist)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengupaskan sendiri buah asli pedalaman Kalimantan Tengah, buah Mentega, dan menyuguhkan potongan buahnya ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (29/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyambangi Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (29/5). Kang Emil, sapaan karibnya, ditemui Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Dalam kunjungan kali ini, Kang Emil ketagihan meski baru pertama kali mencoba makanan kaldu kokot atau sop kaki sapi, kuliner khas Jatim.

"Makanan itu di Jawa Barat tidak ada, dan ternyata enak-enak, rasanya luar biasa. Jadi Alhamdulillah bisa makan kokot," ujarnya setelah bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu (29/5).

Selain mencoba kaldu kokot makanan khas Madura, Kang Emil tersebut juga mencoba Lontong Kupang yang juga kuliner khas Jatim ini. Tak hanya itu, Kang Emil juga disuguhi buah Mentega yang pohonnya tumbuh di halaman belakang Gedung Negara Grahadi.

Baca juga : Usut Dugaan Kebocoran Data WNI, Bareskrim Panggil Dirut BPJS Kesehatan

Malahan, Gubernur Khofifah mengupaskan sendiri buah asli pedalaman Kalimantan Tengah dan menyuguhkan potongan buahnya ke Kang Emil. "Buah ini seumur hidup baru saya lihat. Namanya buah mentega. Rasanya seperti makan mentega yang padat, tapi sedikit ada rasa buah. Kepadatan mentega, tapi harumnya buah," tutur-nya.

Mantan Wali Kota Bandung tersebut juga berkesempatan melihat sungai Kali Mas dari sisi sungai yang terletak persis di halaman belakang Gedung Grahadi.

Bantah Safari Politik

Melihat kedekatan Emil dan Khofifah, awak media pun mengaitkannya dengan kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Dengan tegas Kang Emil menyatakan kunjungannya ini tak ada kaitannya dengan safari politik apalagi urusan Pilpres 2024.

Baca juga : Kilang Balongan Terbakar, Kang Emil: Keselamatan Warga Paling Utama

"Tidak ada pembahasan sedikitpun. Ini semata-mata sopan santun saya membalas kunjungan Bu Khofifah di Jawa Barat beberapa waktu lalu plus agenda-agenda produktif yang kita sinkronkan. Jadi, tidak ada pembahasan sedikitpun ke arah 2024," tegasnya.

Kang Emil heran setiap kali ada kunjungan kedinasan di luar daerahnya, selalu dimaknai safari politik menghadapi Pilpres 2024.

"Tujuan utama saya ke Surabaya ya hanya itu, makan kokot dan lontong kupang. Tapi, di Surabaya memang banyak memori dan saya senang di sini. Tadi juga lewat Gedung Gramedia Ekspo yang pernah saya desain dulu," ungkap Kang Emil.

Khofifah berterima kasih kepada Kang Emil atas kedatangannya di Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya.

Baca juga : Risma Minta Pindahkan Warga Ke Lokasi Aman

"Beberapa waktu lalu saya ke Jawa Barat, menyampaikan di Islamic Center Surabaya yang milik Pemprov, ingin ada masjid yang representatif. Tak hanya diperluas, tapi arsitektur-nya update. Saya mohon ke Pak Ridwan Kamil untuk mendesain-nya," pinta Khofifah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.