Dark/Light Mode

Antisipasi Puncak Kasus Covid-19

Rumah Dinas Pejabat Cocok Jadi Tempat Isolasi Darurat

Senin, 31 Mei 2021 05:27 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa).
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Dr_koko28 mengatakan, keberadaan fasilitas isolasi darurat sudah mendesak. Dia mengusulkan, seluruh ruangan di rumah sakit darurat Covid-19 hanya diperuntukan bagi pasien Covid-19. “Karena wabah ini mungkin masih membandel 1-3 tahun dari sekarang. Mungkin,” katanya.

Pnugroho28 mengungkapkan, sebelumnya sudah ada beberapa fasilitas isolasi darurat yang didirikan elemen masyarakat. Yaitu, PT INKA yang memodifikasi KRL menjadi fasilitas isolasi pasien Covid-19. “Kereta tersebut dinamakan Emergency Medical Train (EMT),” ungkapnya.

Baca juga : Muhadjir Waspadai Masuknya PMI Lewat Jalur Ilegal

Rachmans mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam menyediakan isolasi darurat pasien Covid-19 layak mendapat apresiasi. Dia berharap, isolasi darurat pasien Covid-19 itu layak guna. “Semoga bisa dilengkapi dengan alat medis seperti ventilator dan sebagainya,” ujarnya.

Menurut Ximplah2E, tempat ibadah lain atau pemilik gedung pertemuan dan hotel harus mencontoh Masjid Raya Jakarta yang serius membantu pemerintah mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. “Banyak tempat gedung pertemuan, hotel atau balai-balai yang bisa dijadikan tempat isolasi,” ujarnya.

Baca juga : Jangan Ragu Divaksin, Barcode Di Botol Vaksin Bukanlah Chip

AnggitaHastria1 mengungkapkan, salah satu fasilitas isolasi darurat yang ada di Jawa Timur adalah Lapangan Indrapura. Kata dia, bagi pasien positif Covid-19 akan dilakukan penjemputan oleh petugas kabupaten dan kota masing.

Ssapioca mengapresiasi pemerintah yang menjadikan Wisma Atlet sebagai tempat isolasi. Kata dia, tempat isolasi di Wisma Atlet sangat nyaman. Soalnya di dalam setiap kamar ada AC, toilet dengan air panas, pencahayaan bagus juga ada jendela. “Nggak berasa isolansi,” ungkap Ssapioca.

Baca juga : Ada Yang Ngaku Deg-degan, Ada Yang Langsung Emosian

Angelina_Joelia membeberkan, pemerintah terus mempersiapkan tempat-tempat isolasi bagi pasien Covid-19, baik yang tanpa gejala maupun yang memiliki gejala ringan. “Salah satu tempat yang masih siap yaitu Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta,” katanya.

Menurut oomtvid, tempat yang paling pas untuk dijadikan fasilitas isolasi darurat pasien Covid-19 adalah stadion. Apalagi, selama pandemi Covid-19, stadion kosong. “Kalau masjid mah rutin digunakan untuk ibadah setiap hari walaupun dengan shaf jarang-jarang,” tuturnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.