Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Program Kartu Prakerja Kerek Jumlah Pengusaha

Sabtu, 5 Juni 2021 07:39 WIB
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto. (Foto : Istimewa).
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto mengklaim Program Kartu Prakerja sukses mengerek ekonomi masyarakat. Menurutnya, program ini mam­pu membangkitkan semangat masyarakat untuk berwirausaha. Hal ini sejalan dengan target pemerintah mengerek pertum­buhan wirausaha baru sebesar 4 persen pada tahun 2024.

Airlangga menilai, capaian Program Kartu Pra Kerja penting untuk terus didorong karena kewirausahaan berperan mencip­takan lapangan pekerjaan. Dan, secara otomatis dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga : Kemnaker Dorong Manajemen dan Pekerja Indomarco Selesaikan Masalah Secara Musyawarah

“Saya bangga dapat bertemu lagi secara langsung dengan para pejuang yang tangguh. Saya ucapkan terima kasih kepada alumni Kartu Prakerja yang telah menerapkan ilmunya untuk berwirausaha sehingga membantu pemerintah men­ciptakan lapangan pekerjaan di masa pandemi seperti ini,” katanya dalam talkshow ber­tajuk Antara Tren, Produk dan Konsumen di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Ketua Umum Partai Golkar ini mengungkapkan, data hasil survei independen menyebutkan bahwa, setelah mengikuti Program Kartu Prakerja terjadi peningkatan sebesar 13 persen dalam jumlah kelompok wirausaha.

Baca juga : Kartu Prakerja Diklaim Sukses Topang Daya Beli Masyarakat

Naiknya jumlah wirausaha­wan, lanjut Airlangga, telah sesuai dengan sasaran Program Kartu Prakerja. Yakni, semakin banyak jumlah wirausahawan dan jumlah usaha yang berkem­bang, maka akan terjadi penyerapan tenaga kerja.

Airlangga juga mengucapkan terima kasih kepada para alumni Program Kartu Prakerja yang telah memanfaatkan program ini untuk skilling, upskilling, dan reskilling.

Baca juga : PUPR Perbanyak Program Padat Karya Untuk Serap Tenaga Kerja

Selain kerek jumlah wirausa­ha, Airlangga mengungkapkan, hasil survei tersebut juga merilis data animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap Program Kartu Prakerja. Tingginya minat itu diikuti juga dengan kepuasan terhadap pelayanan dan manfaat Kartu Prakerja.

Hasil survei persepsi penerima Program Kartu Prakerja menya­takan, di samping memiliki tam­bahan keterampilan, program tersebut berfugsi sebagai jaring pengamanan sosial di tengah pandemi dan menurunkan ting­kat pengangguran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.