Dark/Light Mode

Program Kartu Prakerja Kerek Jumlah Pengusaha

Sabtu, 5 Juni 2021 07:39 WIB
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto. (Foto : Istimewa).
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Airlangga menegaskan, kunci kesuksesan Program Kartu Prakerja bukan hanya pada penye­lenggara atau seberapa besar dana yang digelontorkan oleh pemerintah. Tapi, pada perubahan positif khususnya dari segi keterampilan yang dimiliki oleh para penerima Kartu Prakerja.

“Kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah diharap­kan dapat maksimal mem­berikan dampak baik kepada masyarakat,” ujar lulusan Master of Business Administration Mo­nash University, Australia ini.

Airlangga memastikan alumni Program Kartu Prakerja juga berkesempatan mendapatkan manfaat Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca juga : Kemnaker Dorong Manajemen dan Pekerja Indomarco Selesaikan Masalah Secara Musyawarah

“Manfaatkan kesempatan ini. Kembangkan bisnis hingga memiliki dampak maksimal pada roda perekonomian na­sional,” pesannya.

Sebagai motor penggerak pembiayaan yang utama untuk UMKM, plafon KUR tahun 2021 ditingkatkan dari Rp 253 triliun menjadi Rp 285 triliun. Peningkatan plafon KUR meru­pakan respons atas antusiasme yang tinggi dari para pelaku usa­ha UMKM akan kehadiran KUR dengan suku bunga rendah.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir menga­takan, sejauh ini pemerintah telah menyiapkan berbagai jenis KUR. Antara lain KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus dan KUR TKI.

Baca juga : Kartu Prakerja Diklaim Sukses Topang Daya Beli Masyarakat

Iskandar mengungkapkan, penyaluran KUR selama tahun 2021 terbagi atas KUR Su­per Mikro (4,71 persen), KUR Mikro (61,60 persen), KUR Kecil (33,67 persen), dan KUR Penempatan TKI (0,03 persen).

Realisasi KUR pada Januari-2 Juni 2021 sebesar Rp 103,19 triliun atau 40,79 persen dari target tahun 2021 sebesar Rp 253 triliun yang diberikan kepada 2,81 juta debitur.

Sehingga total outstanding KUR sejak Agustus 2015 sebesar Rp 259,05 triliun dengan ting­kat Non Performing Loan (NPL) sebesar 0,71 persen. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.