Dark/Light Mode

Foto Di Kawinan

Prof Mahfud Digoyang “Buka Masker 3 Detik”

Minggu, 6 Juni 2021 07:05 WIB
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD (ketiga dari kiri) foto bersama saat menghadiri nikahan anak politisi senior PDIP, Idham Samawi di Yogyakarta, Sabtu (5/6/2021). (Foto: Twitter @mohmahfudmd)
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD (ketiga dari kiri) foto bersama saat menghadiri nikahan anak politisi senior PDIP, Idham Samawi di Yogyakarta, Sabtu (5/6/2021). (Foto: Twitter @mohmahfudmd)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD kembali jadi obrolan warga dunia maya. Pemicunya: cuitan Mahfud di Twitter yang membagikan foto di kawinan tidak bermasker. Mahfud banyak dikritik karena di captionnya menulis buka masker itu hanya 3 detik untuk difoto saja.

Kemarin, Mahfud mengisi waktu liburnya dengan menghadiri dua acara. Pertama, eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu kondangan di acara nikahan anaknya politisi senior PDIP, Idham Samawi di Yogyakarta. Kedua, Mahfud datang ke reunian alumini Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kedua kegiatan itu dibagikan Mahfud lewat cuitannya di Twiitter, lengkap beserta fotonya. Kegiatan Mahfud saat kondangan itu yang paling banyak mendapat sorotan warga dunia maya.

Di akun Twitter miliknya @mohmahfudmd, Mahfud memajang foto bersama penganten dan orang tua mempelai. Dalam foto itu, Mahfud yang mengenakan jas dan peci hitam, tanpa mengenakan masker. Bahkan, bahu Mahfud pun terlihat hampir menempel dengan mempelai wanita dan isteri Idham Samawi. Sementara sebuah masker putih dipegang di tangan kanannya.

Baca juga : Wagub DKI: Kepala BPAD Mundur Bukan Karena Ditekan

“Alhamdulillah di akhir pekan ini bisa hadir untuk menyaksikan dan mendoakan akad nikah puteri Mas Idham Samawi, Halida yang dipersunting oleh Fahreza di Yogyakarta. Dengan protokol yang ketat, hanya boleh melepas masker 3 detik saat diambil foto; akad nikah itu berjalan hikmah dan anggun,” tulis Mahfud.

Cuitan Mahfud itu menuai banyak kritik. Hingga semalam, lebih dari seribu orang menyampaikan sikapnya di kolom komentar. Akun @Catatan_ali7 mengaku tidak percaya untuk foto hanya menghabiskan waktu 3 detik.

“Dikira yang pernah undangan dia doang. Foto 3 detik? merapikan barisan foto, mengatur penerangan, mengatur setelah lensa. Belum lagi ada yang posisi di barisan nggak betul, misal senyum kurang lebar, posisi tangan dan lain-lain. Setelah itu baru bisa jepret. Yakin tiga detik?” tulisnya.

“Lepas masker 3 detik? Hanya orang super goblok yg percaya bisa lepas masker 3 detik untuk berfoto dengan hasil sebagus itu,” timpal @fancyaskingmet1.

Baca juga : Datangi KPK, Mahfud MD Minta Berkas Kasus BLBI

Akun @Terompah12 lalu membandingkan waktu yang dibutuhkan orang untuk memfoto objek tertentu. “Misalnya, untuk memfoto bunga saja mungkin bisa diambil 1/50 detik. Foto Olahraga membutuhkan waktu 1/2000 atau 1/4000 detik untuk mendapatkan gambar diam (Atlit). Atau bahkan lebih cepat. Kalau ini hmmm.... 3 detik lepas masker saat ambil foto,” sindirnya.

Lima jam kemudian, Mahfud kembali mengunggah foto. Kali ini, dia mengunggah dua foto pertemuannya dengan para almamater Universitas Gajah Mada (UGM). Satu diantaranya, Mahfud berfoto bersama puluhan orang tanpa masker. Namun, mereka masih terlihat jaga jarak.

“Setelah tadi pagi hadir pada pernikahan, siang-sore ini saya berkunjung ke almamater UGM, berdialog dengan Rektor dan para guru besar UGM se-Yogyakarta. Kita blak-blakan bertukar info dan pendapat tentang polhukam, tapi tetap prokes yang ketat, termasuk saat berfoto,” tulisnya.

Mahfud kembali dinyinyirin warganet. “Wuih enak jadi pejabat bebas berkerumun enggak dibubarin,” tulis @odadin9. Begitu juga @Azmi43232871. Menurutnya, Mahfud melanggar prokes dengan ketat. Sebab, meski menjaga jarak, Mahfud masih membuka masker.

Baca juga : Kepulauan Talaud Digoyang Gempa M5.6, Tak Berpotensi Tsunami

“Prokes itu setahu saya menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Itu yang 3M nya prof. Berarti sewaktu sesi foto tidak melaksanakan prokes dengan ketat prof,” tulis @Azmi43232871. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.