Dark/Light Mode

Khofifah Minta Kemenkes Segera Kirim 32 Alat Terapi Oksigen Beraliran Tinggi Ke Bangkalan

Senin, 7 Juni 2021 07:30 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Antara/Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Antara/Pemprov Jatim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov Jawa Timur berkoordinasi sekaligus meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengirim unit High Flow Nasal Cannula (HFNC) atau alat terapi oksigen beraliran tinggi ke Kabupaten Bangkalan, dalam rangka membantu penanganan pasien Covid di wilayah setempat.

"Kami sudah mengusulkan ke Kemenkes, agar 32 unit HFNC dikirimkan langsung ke Bangkalan secepatnya. Saat ini, rumah sakit di Bangkalan membutuhkan HFNC, ventilator, dan beberapa jenis obat," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, seperti dikutip Antara, Minggu (6/6) malam.

Berita Terkait : Khofifah Puji Konsep Wisata Alam Desa Pendukung Bromo

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan rumah sakit dan percepatan rujukan di Surabaya, bagi pasien-pasien yang kondisinya berat. Salah satunya, di RSUD dr Soetomo.

"Agar penanganannya maksimal. Alat dan dokternya juga lebih lengkap," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Berita Terkait : Didampingi Bupati Blitar, Khofifah Tinjau Rumah Rusak Akibat Gempa

Khofifah juga telah menerjunkan sejumlah mobil PCR test.dari Pemprov Jatim, untuk dikirim ke Bangkalan. Demi memasifkan testing di titik-titik yang memang menjadi episentrum lonjakan kasus Covid.

 “Namun, ada kendala. Masih banyak masyarakat belum berkenan untuk di tes usap PCR. Maka, langkah-langkah persuasif yang diharapkan menimbulkan kesadaran masyarakat untuk mau dites, terus kami lakukan," katanya.

Baca Juga : Mega Senangnya Nggak Ketulungan

Langkah koordinatif sudah dilakukan Pemprov Jatim dengan Pemkab Bangkalan sejak Kamis (3/6), termasuk dengan Pemkot Surabaya khusus terkait penanganan kuratif pasien Covid. [HES]