Dark/Light Mode

Erick Ingatkan Tuntutan Transformasi

Pejabat BUMN Harus Siap Dipilih Dan Dicopot

Rabu, 9 Juni 2021 05:09 WIB
Tangkapan Layar - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengumumkan pembentukan BUMN berkelas dunia dan berlandaskan AKHLAK. (Foto : Twitter Kementerian BUMN).
Tangkapan Layar - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengumumkan pembentukan BUMN berkelas dunia dan berlandaskan AKHLAK. (Foto : Twitter Kementerian BUMN).

 Sebelumnya 
Mantan Bos Inter Milan ini berharap, upaya tersebut men­jadi keseriusan bersama yang terus dijaga. Mengingat tuntu­tan ke depan, untuk berkom­petisi sangat tinggi di tengah perubahan dan pasar yang se­makin terbuka.

“Karena itu kita harus menjadi yang terbaik. Ingat, tiap direksi dan komisaris tidak hanya siap diangkat, tapi harus siap belajar dan bertransformasi,” tegasnya.

Baca juga : Di Tengah Pandemi Corona, Tansformasi PLN Bikin Perusahaan Makin Kuat

Erick juga menegaskan, se­orang pemimpin harus siap dico­pot. “Harus siap dicopot jika tidak memenuhi Key Performance In­dicator (KPI), serta tidak sejalan dengan core values AKHLAK dan GCG, “ tegas Erick.

Untuk diketahui, BLMI yakni sebuah pusat riset, inovasi, ko­laborasi, serta pengembangan manajemen dan kepemimpinan di seluruh klaster BUMN. Hal ini guna membangun kapabilitas kepemimpinan di BUMN.

Baca juga : Kiai Maruf Ingatkan Ekosistem Syariah Harus Berbasis Digital Dan Kearifan Lokal

Kementerian BUMN telah menunjuk Mandiri Corporate University sebagai koordinator, untuk universitas dari Telkom, Pertamina, dan WIKA. Ke­beradaan BLMI diharapkan bisa membangun peta jalan dan program pengembangan kepemimpi­nan mulai dari new entry level, manajer tingkat pertama, sam­pai dengan tingkat direksi dan komisaris/pengawas. Fokus awal pengembangan kepemimpinan ini, akan dimulai dari komisaris/ pengawas dan direksi.

Dengan menggandeng sekolah bisnis lokal dan global terke­muka, sebagai mitra strategis. Beberapa di antaranya Indonesian Institute of Corporate Directors (IICD), untuk Onboarding Com­missioner Program dan Commis­sioner Learning School, IPMI International Business School untuk Onboarding Directorship Program, INSEAD dan Lem­baga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) untuk Chief Financial Officer School.

Baca juga : Baiknya Kejar Pajak Perusahaan Digital

Selanjutnya, Michigan Ross School of Business dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk program Chief Human Capital Officer School, juga IMD Business School untuk program CEO Learning Forum.

BLMI sudah memulai kegiatan perdana Januari 2021 dengan penyelenggaraan Angkatan Ke-1 Onboarding Directorship Program. Pada hari ini (Rabu, 9/6), BLMI akan memulai secara serentak Angkatan Ke-2 Onboard­ing Directorship Program dan Angkatan Pertama Onboarding Commissioner Program. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.