Dark/Light Mode

Merekonstrusi Persepsi Siswa Mengenai Kecerdasannya

Jumat, 11 Juni 2021 14:29 WIB
Dr. Muhtadi, Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fidikom UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dr. Muhtadi, Ketua Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fidikom UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 Sebelumnya 
Guru bimbingan dan konseling ini pula yang memberikan input kepada guru-guru lainnya, agar dalam proses pembelajarannya disisipkan cerita heroik tentang kesuksesan individu yang bukan siapa-siapa menjadi individu yang berprestasi.

Kisah sukses para pemenang dalam kehidupan menjadi menu proses pembelajaran. Hal ini akan berdampak pada tumbuhnya suasana yang positif untuk maju dan sukses pada peserta didik tersebut. Lingkungan inspiratif akan menghantarkan anak menjadi individu termotivasi dan terpacu untuk berinovasi.

Baca juga : Hentikan Ketergantungan Impor Alkes

Dua hal ini diharapkan dapat merekontruksi persepsi peserta didik tentang kecerdasannya. Mereka yakin, bahwa kecerdasan itu dapat diubah. Hal ini dapat mereka lihat dari kisah-kisah sukses mereka yang hebat dan berprestasi, mampu mengatasi segenap keterbatasan yang dimilikinya. Mereka berupaya secara cerdas dan kreatif untuk melawan keterbatasan, termasuk persepsi negatif tentang dirinya, misalnya, kecerdasan tidak dapat diubah.

Akhirnya mereka dapat membuktikan, bahwa kecerdasan itu dapat ditingkatkan lagi. Jadi bukan hal yang final. Sehingga para peserta didik kita semakin cerdas dan lebih maju lagi dalam membaca, sains dan bidang matematika. Lebih penting lagi, mereka memiliki akhlak mulia. Semoga. (*)

Baca juga : Menaker: BLK Komunitas Sasar Peluang Kerja dan Usaha

[Muhtadi adalah Doktor Bidang Ilmu Penyuluhan Pembangunan Institut Pertanian Bogor (IPB), Ketua Program Studi (Kaprodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.