Dark/Light Mode

Innalillahi, Pengasuh Ponpes Sidogiri, KH Nawawi Abdul Djalil Wafat

Minggu, 13 Juni 2021 18:23 WIB
Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur KH A Nawawi Abdul Djalil. (Foto: Twitter @mohmahfudmd)
Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur KH A Nawawi Abdul Djalil. (Foto: Twitter @mohmahfudmd)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Nahdlatul Ulama (NU) kembali berduka. Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur KH A Nawawi Abdul Djalil wafat sekitar pukul 16.40 WIB, hari ini, Minggu (13/6). Kiai Nawawi adalah salah satu Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).  

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengabarkan berita duka ini.

Mahfud kehilangan sosok ulama sepuh dan kharismatik dari salah satu Ponpes tertua di Indonesia.

Baca juga : Harapan Pengasuh Ponpes Tebuireng, 2021 Jadi Tahun Jalan Tengah Dan Kebersatuan

"Innalillah wa innailaihi raji’un. Telah wafat hari ini (13/6) Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Nawawi Abdul Jalil. Ulama sepuh yang sangat kharismatik. Ponpes Sidogiri adalah salah satu ponpes tertua di Indonesia dengan puluhan ribu santri dan alumni. Semoga almarhum mendapat surga-Nya," doa Mahfud MD melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd, Minggu (13/6).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah yang juga alumni Ponpes Sidogiri, KH M Cholil Nafis juga membenarkan kabar wafatnya Kiai Nawawi.

"Innalillahi wainna Ilaihi raji'un. Telah wafat KH A Nawawi bin Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogri, sekaligus Mustasyar PBNU," ujar Cholil Nafis.

Baca juga : Nama Presiden Joko Widodo Diabadikan Jadi Nama Jalan Di Abu Dhabi

Cholil pun mengajak segenap alumni Sidogiri dan umat Islam Indonesia untuk menggelar salat ghaib mendoakan almarhum Kiai Nawawi.

Untuk diketahui, Kiai Nawawi meneruskan kepemimpinan Ponpes Sidogiri sejak tahun 2005. Kiai Nawawi menggantikan KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil, pengasuh sebelumnya yang wafat di tahun yang sama. 

Kiai Nawawi menerapkan Ponpes Sidogiri menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Syariah yang tersebar terutama di hampir seluruh kabupaten di Jawa Timur.  

Baca juga : PKS Komitmen Melayani Rakyat

Ulama sepuh ini juga dikenal sebagai pengasuh yang dekat dengan santri. Kiai Nawawi kerap mengontrol sendiri kamar santri pada malam hari, untuk memantau para santri beribadah dan belajar.

Ponpes Sidogiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban, yang wafat pada 1766 M. Sayyid Sulaiman adalah keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.