Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dilirik NasDem, Disukai Zulhas

Anies Makin Banyak Fansnya

Selasa, 15 Juni 2021 08:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesona Anies Baswedan di bursa capres semakin mengkilap. Setelah dilirik Partai NasDem, kini Gubernur DKI Jakarta itu disukai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Anies makin banyak fansnya nih.

Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan, terang-terangan mengakui PAN memiliki kedekatan paling intens dengan Anies dibanding kandidat calon presiden lain. Bahkan jika dibandingkan dengan Prabowo Subianto. Padahal, pada Pilpres 2019, PAN mendukung Prabowo. Tapi kini, komunikasi PAN dengan Prabowo tak intens lagi. Zulhas mengaku, sudah hampir 1,5 tahun PAN tak menjalin komunikasi dengan Ketua Umum Gerindra itu.

“Mungkin beliau sibuk menjadi Menteri Pertahanan," kata  Zulhas saat menghadiri acara DPW dan DPD PAN se-DIY, di Inna Garuda, Yogyakarta, kemarin.

Kondisi berbeda terjadi dengan Anies. Zulhas mengaku sering bertemu dan diskusi bareng. Dari situ, Zulhas pun condong mendukung Anies untuk Pilpres 2024. “Untuk 2024, yang paling dekat dengan kita ya Gubernur DKI," katanya.

Meski begitu, Zulhas belum membahas Pilpres secara detail. Menurutnya, saat ini PAN sedang fokus membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19. Sebab, pandemi ini berdampak buruk bagi semua sektor dan lapisan masyarakat.

“Terutama yang dirasakan di sektor ekonomi. Banyak rakyat yang kehilangan pekerjaan. Untuk itu, kami minta kader (PAN) membantu pemerintah menangani pandemi ini," ujarnya.

Jauh sebelum PAN, Anies juga sudah dekat dengan NasDem. Politisi NasDem Syarif Abdullah Al Kadrie mengakui, partainya memiliki kedekatan khusus dengan Anies. Apalagi, Anies juga masuk menjadi salah satu penggagas Ormas Nasional Demokrat, cikal bakal Partai NasDem.

Hanya saja, untuk Capres 2024, NasDem tidak langsung mengusung Anies. Partai besutan Surya Paloh ini memutuskan akan menggelar konvensi. Dalam konvensi ini, semua kandidat kuat capres memiliki hak dan peluang yang sama untuk dicalonkan NasDem.

“Termasuk Anies. Bahkan, calon-calon lainnya seperti Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, atau calon lainnya yang ingin mendaftar di konvensi kami, mereka punya kesempatan yang sama,” katanya.

Dengan ketertarikan PAN dan NasDem ini, menunjukkan bahwa Anies semakin banyak fansnya. "Yang mendekatinya semakin banyak," kata pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing.

Namun, hal ini tidak serta merta membuat jalan Anies menuju 2024 langsung mulus. Kata Emrus, kedekatan PAN dan Anies saat ini belum tentu akan terjalin hingga pilpres 2024. Sebab, penentuan capres biasanya dilakukan di menit-menit terakhir.

“Banyak faktornya. Lagipula, pilpres masih jauh,” cetusnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.