Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Klub Literasi Sekolah SEAQIL Sukses Tingkatkan Minat Baca Siswa

Kamis, 24 Juni 2021 13:47 WIB
Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani (kiri atas), Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek (kanan atas), Deputi Direktur Administrasi SEAQIL Misbah Fikrianto (kiri bawah), dan Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof Asep Saefuddin (Foto: SEAQIL)
Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani (kiri atas), Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek (kanan atas), Deputi Direktur Administrasi SEAQIL Misbah Fikrianto (kiri bawah), dan Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof Asep Saefuddin (Foto: SEAQIL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan program magang Klub Literasi Sekolah (KLS) gagasan SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) angkatan I resmi ditutup Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbudristek Hedarman, Rabu (23/6). Tercatat sebanyak 1970 siswa dan 205 guru pendamping dari 69 sekolah di 12 provinsi dan 295 mahasiswa dari 17 perguruan tinggi terlibat dalam program magang tersebut. Berdasarkan hasil analisis data awal, program KLS mampu menumbuhkan minat membaca siswa hingga lebih dari lima buku dalam satu periode pelaksanaan dari Februari-Juni 2021 dan mengunjungi perpustakaan. 

KLS merupakan program yang diselenggarakan SEAQIL dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar—Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek melalui pelibatan aktif mahasiswa. Kemendikbudristek memberikan peluang kepada mahasiswa dalam berkontribusi sebagai agen perubahan untuk tantangan pendidikan Indonesia, menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran literasi, numerasi serta adaptasi teknologi, dan mengasah keterampilan sosial yang mencakup empati, komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, inovasi dan kreativitas. 

Baca juga : Kurangi Batu Bara, PLN Sukses Cofiring Biomassa Di 17 PLTU

Hendarman mengapresiasi SEAMEO Centre Indonesia atas program-programnya yang luar biasa, termasuk KLS. Menurutnya, pelaksanaan KLS sangat selaras dengan penetapan kebijakan MBKM, yang mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan di luar kampus serta dapat menjadi agen perubahan sebagai pengajar literasi bahasa di berbagai sekolah mitra. 

Hendarman berharap, cakupan KLS dapat lebih luas lagi ke depannya, baik perihal wilayah provinsi maupun maupun mitra. “Sinergi antara SEAQIL dengan mitra pun diharapkan tetap berjalan baik meski program KLS angkatan I telah berakhir,“ ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (24/6).

Baca juga : Covid DKI Pecah Rekor, Anies Minta Warga Sadar

Menurut Hendarman, program KLS sejalan  dengan program Kampus Mengajar melalui pelibatan mahasiswa sebagai pendamping atau fasilitator literasi. Hendarman menjelaskan, peran penting mahasiswa sebagai motor/penggerak yang terjun langsung ke lapangan, khususnya dalam mengajarkan dan membiasakan literasi di sekolah. 

Program KLS merupakan pengembangan literasi berbasis peminatan (peminatan karya sastra, jurnalistik, drama, dan karya-karya literasi lainnya), serta pengembangan karya berbahasa Indonesia dan bahasa asing (bahasa Arab, Jepang, Jerman, Inggris, Mandarin, dan lainnya). KLS tidak hanya untuk pengembangan kompetensi siswa, tetapi juga menjangkau lingkup yang luas yaitu pengembangan kompetensi guru, kepala sekolah, serta pengembangan mutu sekolah dan perguruan tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.