Dark/Light Mode

Klub Literasi Sekolah SEAQIL Sukses Tingkatkan Minat Baca Siswa

Kamis, 24 Juni 2021 13:47 WIB
Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani (kiri atas), Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek (kanan atas), Deputi Direktur Administrasi SEAQIL Misbah Fikrianto (kiri bawah), dan Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof Asep Saefuddin (Foto: SEAQIL)
Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani (kiri atas), Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek (kanan atas), Deputi Direktur Administrasi SEAQIL Misbah Fikrianto (kiri bawah), dan Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Prof Asep Saefuddin (Foto: SEAQIL)

 Sebelumnya 
Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani menyampaikan laporan hasil program magang KLS Angkatan I. Dari hasil survei yang dilakukan, Luh Anik memaparkan sebanyak 9 persen siswa membaca lebih dari 5 buku, 42 persen siswa membaca 3-5 buku, dan 49 persen siswa membaca 1-2 buku. Temuan lain menunjukkan sebanyak 15 persen siswa sangat sering mengunjungi perpustakaan, 23 persen siswa sering mengunjungi perpustakaan, 36 persen siswa cukup sering mengunjungi perpustakaan, dan hanya 12 persen siswa tidak pernah mengunjungi perpustakaan.

Baca juga : Kurangi Batu Bara, PLN Sukses Cofiring Biomassa Di 17 PLTU

“Data-data tersebut menunjukkan kegiatan Klub Literasi Sekolah nampaknya membawakan berbagai dampak positif yang cukup signifikan, yaitu dalam menumbuhkan minat siswa dalam membaca buku dan mengunjungi perpustakaan,” ujar Luh Anik.

Baca juga : Covid DKI Pecah Rekor, Anies Minta Warga Sadar

Deputi Direktur Administrasi SEAQIL Misbah Fikrianto turut menyampaikan pengembangan tindak lanjut program KLS. Pengembangan tersebut meliputi penguatan literasi yang diwujudkan melalui penyelenggaraan webinar Literasi Hak Cipta, ekspose karya KLS (presentasi dan link dengan mitra), produksi digital dengan menyusun produk digital, serta etalase karya membaca dan menulis di media sosial maupun laman, dan pelibatan dalam berbagai kegiatan organisasi dengan mengembangkan komunitas literasi dan kerja sama publikasi sekolah.

Baca juga : Perpusnas Luncurkan Akademi Literasi, Ruang Digital Tingkatkan Budaya Baca

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa, siswa, dan universitas. Dalam acara penutupan ini, ditampilkan pula beberapa hasil karya siswa peserta KLS, yakni penampilan storytelling berjudul “My Ugly Duckling” oleh Helya Messakh dari SMA N 2 Kupang; pembacaan puisi berjudul “Diri Berumpama” oleh Muhammad Haikal dari SMA 3 Muhammadiyah Yogyakarta; serta pemaparan sekilas terkait buku antologi cerpen berjudul “Bait Kisah” yang dibawakan oleh Puspo Tunjung sebagai perwakilan dari 20 siswa yang terlibat dalam penulisan buku berjumlah 415 halaman tersebut. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.