Dark/Light Mode

Jangan Latah Anggap Covid-19 Seperti Flu Biasa

Di Singapura Tak Perlu Razia Untuk Pake Masker, Di Sini?

Rabu, 30 Juni 2021 05:14 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban. (Foto : Istimewa).
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Orang Singapura sadar jaga kesehatan. Nggak usah dirazia, pakai masker sendiri. Nggak perlu dimarahin sudah otomatis antre, pasti jaga jarak 1 meter lebih,” kata @hoatmaster.

Menurut @AjieDika, Indonesia sulit mengi­kuti Singapura dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sebab, dalam keadaan pandemi saja, pejabat di Indonesia masih mengkorupsi dana bansos Covid-19. “Itu yang membuat rakyat susah diatur,” ujarnya.

Menurut @nandothok, Indonesia tidak melihat proses bagaimana Singapura men­gusulkan pandemi Covid-19 seperti flu biasa. Dia menduga, di Singapura sudah tercipta herd immunity dengan tracking, vaksin dan testing yang gencar. “Di sini yang udah terbentuk herd stupidity,” katanya.

Baca juga : Jangan Berharap Kasus Covid Turun Selama Warga +62 Abai

Menurut @islah_arbi, Indonesia bisa meniru keputusan Singapura yang menjadikan virus Corona diperlakukan seperti flu biasa. Asalkan, target program vaksinasi ditingkatkan, protokol kesehatan (prokes) dilaksanakan ketat dan sarana kesehatan lebih ditingkatkan lagi.

“Indonesia juga bisa jika masyarakat bisa diatur dan hidup teratur seperti di sana,” timpal Andiw64.

Akun @rakyatbiasa menyambung. Kata dia, Indonesia bisa mengikuti jejak Singapura dalam penanganan pandemi Covid-19, lima tahun ke depan. Soalnya, jumlah penduduk dan luas negara Indonesia-Singapura jauh berbeda. “Apalagi edukasi prokes kita jelas juga kalah,” katanya.

Baca juga : Hati-hati, Corona Varian Delta Menular Lewat Berpapasan

Menurut Jedemar, Indonesia bisa saja mengikuti Singapura, khususnya di kota-kota besar. Namun, untuk di desa-desa sulit dilaku­kan karena akses kesehatan minim.

“Masyarakat desa juga tidak percaya Covid. Makanya, kasus Covid meledak gila-gilaan seperti di India,” katanya.

Akun @samginting mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 sudah berlangsung tahunan. Semua varian virus Corona mempunyai sifat sama, menular lewat udara atau droplet.

Baca juga : Netizen Sudah Nggak Sabar Kapan Anak Divaksin Covid

“Mari berpikir apa yang harus dilakukan. Peraturan pemerintah tidak bisa mengubah sifat Covid-19. Jadi tetap pakai masker dan jaga jarak,” ajak @samginting. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.