Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Catatan Endy Santoso

Efektivitas Penyampaian Petuah Lewat Lagu

Rabu, 7 Juli 2021 15:22 WIB
Staf Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Endy Santoso (Foto: Istimewa)
Staf Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Endy Santoso (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Petuah sebagai Knowledge
Nilai petuah hidup dan berkembang dalam kehidupan masyarakat akan mengisi knowledge manusia sebagai penguasa ilmu pengetahuan.  Dalam pengertian ini, knowledge dipahami sebagai penggabungan dari pengalaman, nilai, informal kontekstual, dan pandangan pakar yang memberikan kerangka untuk melakukan evaluasi dan menyatukan pengalaman baru dan informasi. Knowledge dimiliki manusia diterapkan dalam pikiran sang pemilik pengetahuan (manusia).

Pada definisi yang berbeda, knowledge dipahami sebagai informasi yang mengubah sesuatu atau seseorang. Hal ini dapat terjadi ketika suatu informasi menjadi dasar dalam bertindak atau ketika informasi tersebut meningkatkan kemampuan seseorang atau institusi untuk mengambil tindakan yang berbeda atau tindakan yang lebih efektif.

Baca juga : Catatan Eros Djarot: Pertemuan Dan Pesan Terakhir Rachmawati Soekarnoputri

Dalam perkembangan keilmuan, knowledge dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu tacit knowledge dan explicit knowledge. Tacit knowledge merupakan pengetahuan yang dimiliki seseorang dan sangat sulit untuk diinformasikan, sulit dikomunikasikan atau dibagi dengan orang lain. Pemahaman yang melekat di dalam knowledge individu tersebut masih bersifat subjektif. Knowledge yang dimiliki individu tersebut masih dapat dikategorikan sebagai intuisi dan dugaan. Tacit knowledge juga disebut dimensi kognitif. Dimensi ini terdiri dari kepercayaan, persepsi, idealisme, nilai nilai, emosi, dan mental model sehingga dimensi ini tidak mudah diartikulasikan.

Explicit knowledge dapat diekspresikan dalam bentuk data, formula ilmu pengetahuan, spesifikasi produk, manual-manual, prinsip-prinsip universal. Knowledge ini senantiasa siap untuk ditransfer kepada orang lain secara formal dan sistematik. Knowledge yang dapat diungkapkan manusia tersebut bagaikan gunung es, yaitu yang tampak di permukaan hanya sebagian dari keseluruhan gunung es tersebut. Pengetahuan yang dimiliki oleh individu-individu jauh lebih banyak daripada apa yang dapat individu-individu tersebut jelaskan secara verbal atau tertulis.

Baca juga : Tenang, Virus Corona Varian India Masih Dapat Ditangkal

Berdasarkan hal ini, petuah dipahami sebagai sebuah tacit knowledge. Sedangkan lagu-lagu yang dinyanyikan untuk penyampaian petuah dan kemudian keseharian yang telah melaksanakan pengetahuan, itulah yang kemudian dimaknai sebagai explicit knowledge.
 
SECI Sebagai Sebuah Petuah
Bagaimana kemudian petuah sebagai knowledge itu dapat ditransferkan kepada manusia lain? Model knowledge conversion SECI (Sosialisasi-Eksternalisasi-Kombinasi-Internalisasi)  kerap dianggap sebagai model yang tepat untuk memperlihatkan bagaimana pengetahuan itu berpindah. Melalui model Knowledge Conversion, petuah sebagai knowledge diciptakan secara terus menerus, terjadi interaksi dinamis antara tacit knowledge dengan explicit knowledge sebagai sebuah petuah yang hidup terus di masyarakat. Bagaimana kemudian petuah menjadi milik manusia melalui sharing knowledge model SECI, berikut penjelasannya :
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.