Dark/Light Mode

PPKM Darurat Sudah Seminggu

Bansos Mana Bansos

Minggu, 11 Juli 2021 08:10 WIB
Ilustrasi warga mendapat bantuan sosial. (Foto : Antara)
Ilustrasi warga mendapat bantuan sosial. (Foto : Antara)

 Sebelumnya 
Sebagai kompensasi PPKM Darurat, selain menerima uang tunai, penerima BST akan menerima tambahan beras 10 kg. BST akan cair sebanyak Rp 600 ribu untuk bulan Mei-Juni.

Namun, sampai kemarin, tanda-tanda bansos akan cair belum kelihatan juga. Bahkan, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sudah mengingatkan soal bansos ini.

Baca juga : Stok Aman, Bulog Jamin Harga Beras Terkendali

Luhut meminta TNI dan polisi di masing-masing daerah harus memastikan masyarakat, khususnya di slum area atau daerah kumuh, tetap memiliki makanan.

“Sekali lagi micro-targeted. Vaksin, obat, kemudian bansos yang berupa beras untuk mereka yang berada di kawasan pinggiran harus dapat terlaksana, jangan sampai mereka tidak bisa makan,” ujar Luhut.

Baca juga : Akibat PPKM Darurat, Ribuan Pegawai Mall Di Bandung Dirumahkan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta kepala-kepala daerah memberikan bansos dalam bentuk sembako atau non tunai kepada masyarakat terdampak Corona yang belum mendapatkan bansos tunai dari Kementerian Sosial.

Anggaran untuk bantuan tersebut dapat diambil dari APBD atau pagu anggaran di dinas sosial masing-masing daerah. Selain dari APBD, ia juga mendorong pemerintah daerah untuk memanfaatkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa. Di dalam Peraturan Menteri Keuangan, 8 persen dana desa boleh digunakan untuk kepentingan penanganan Corona.

Baca juga : PPKM Darurat, Pemain Persela Lamongan Wajib Kirim Video Latihan Mandiri Dari Rumah

Lalu kapan bansos akan cair? Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, paling lambat minggu kedua bulan ini. “Mudah-mudahan paling lambat pada minggu kedua bulan Juli, bansos akan bisa disalurkan ke seluruh pelosok Tanah Air,” katanya.

Dia berharap, penyaluran bansos ini bisa membantu masyarakat miskin bertahan di masa sulit ini. Juga sebagai salah satu langkah untuk menekan kenaikan angka kemiskinan akibat pandemi Covid-19. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.