Dark/Light Mode

Jemput Bola Bareng Blue Bird

PMI Sediakan Transportasi Antar Jemput Gratis Untuk Pendonor Plasma Konvalesen

Senin, 12 Juli 2021 14:03 WIB
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (kanan) dan Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetonio ketika melepas armada Blue Bird untuk layanan antarajemput penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen di Jakarta, Senin (12/7). (Foto: Humas PMI)
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (kanan) dan Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetonio ketika melepas armada Blue Bird untuk layanan antarajemput penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen di Jakarta, Senin (12/7). (Foto: Humas PMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Palang Merah Indonesia (PMI) terus berinovasi melakukan pelayanan penanggulangan Covid-19.  Bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi Grup Blue Bird, PMI menyediakan layanan antar jemput donor plasma konvalesen secara gratis.

Layanan kemanusiaan ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen, yang mengalami peningkatan permintaan dalam beberapa pekan ini.

Baca juga : Mulai Hari Ini, KAI Sediakan Layanan Vaksin Gratis Di Stasiun

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) melepas sejumlah armada transportasi jemput-antar donor plasma konvalesen di area Gudang Darurat Covid-19, Jakarta Selatan, Senin (12/7).

Inovasi layanan tersebut merupakan pengembangan layanan jemput-antar pasien Covid-19 yang didukung Blue Bird.

Baca juga : Legislator PDIP Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Dengan kemudahan tersebut, JK berharap para penyintas Covid-19 dapat terlayani secara maksimal untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Kami sudah berupaya secara maksimal untuk mendistribusikan plasma konvalesen. Tapi persoalannya, jumlah penyintas yang mendonor sedikit. Sementara permintaannya saat ini tinggi sekali. Di DKI saja, daftar tunggunya mencapai ribuan," terang JK.

Baca juga : Per Hari Ini, Lion Air Group Sediakan Vaksinasi Gratis Untuk Penumpang

Plasma konvalesen diberikan kepada pasien covid-19 sebagai terapi pendamping. Plasma darah yang mengandung antibodi penyintas Covid-19 tersebut disebut dapat membantu meningkatkan pertahanan antibodi penderita terhadap virus tersebut.

"Ini merupakan salah satu terapi yang efektif menurut ahli. PMI sudah melakukan ini (pelayanan donor plasma) berdasarkan standar yang berlaku sejak lama. Sejak awal pandemi, plasma konvalesen sudah terdistribusi 50 ribuan kantong," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.