Dark/Light Mode

Persiapkan Ternak Kurban

Ini, Kiat Peternak Mustahik Binaan BAZNAS di Lombok Barat

Selasa, 13 Juli 2021 15:55 WIB
Persiapkan Ternak Kurban Ini, Kiat Peternak Mustahik Binaan BAZNAS di Lombok Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat di Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu titik program pemberdayaan peternak mustahik, dengan mengembangkan program penggemukan dan pembiakan peternakan sapi potong.

Diresmikan sejak 2019, hingga saat ini Balai Ternak Lombok Barat telah memberdayakan peternak mustahik sebanyak 25 orang dengan populasi ternak sebanyak 91 ekor sapi.

Baca juga : Kebutuhan Tenaga Kerja Tinggi, Kemenperin Buka Pendidikan Vokasi D1 Di Bantaeng

Pada program penggemukan sapi potong ini, salah satu pasarnya yaitu pada penjualan ternak untuk kebutuhan kurban. Pada 2021 ini, Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat juga diberdayakan oleh BAZNAS untuk menyuplai kebutuhan ternak Kurban Online BAZNAS.

Berbagai persiapan telah dilakukan peternak mustahik dalam memberikan kurban terbaik bagi mudhahhi (pekurban) yang berkurban. Kiat yang dilakukan oleh peternak adalah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemeliharaan, monitoring rutin, dan quality control.

Baca juga : Kementerian PUPR Kebut Lima Rusun di Yogyakarta

Pendamping program Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat, Penas, menyampaikan, persiapan ternak kurban ini telah dimulai setahun ke belakang melalui pemeliharaan yang sesuai SOP. Setiap ternak diberikan pakan yang menunjang peningkatan bobot, sehingga sapi yang dijadikan kurban memiliki bobot sesuai spesifikasi yang diminta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.