Dark/Light Mode

Menkes, Panglima TNI, Dan Kapolri Lepas 70 Ribu Paket Sembako dan 2.500 Ton Beras Di Sidoarjo

Sabtu, 17 Juli 2021 16:17 WIB
Foto: Divisi Humas Polri
Foto: Divisi Humas Polri

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melepas pendistribusian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat Sidoarjo, Jawa Timur, yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kegiatan ini juga dilakukan serentak di seluruh Polres di bawah naungan Polda Jatim, serta peninjauan Posko PPKM Mikro/Darurat. 

Bantuan yang disalurkan berupa paket sembako sebanyak total 70 ribu paket, serta 2.500 ton beras. Bantuan itu didistribusikan para Bhabinkamtibmas dan Babinsa, yang masing-masing membawa beras 15 kg beras serta mobil boks yang membawa 28.879 kg beras.

Baca juga : Gandeng KNPI, Yayasan Sahabat Ryano Sediakan 7.500 Vaksin Gratis

Saat memberikan sambutan, Kapolri menyampaikan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah dan menekan laju angka Covid-19. Salah satunya, dengan menerapkan PPKM Mikro.

Namun, adanya lonjakan kasus Covid-19 membuat pemerintah menerapkan PPKM Darurat. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga keselamatan masyarakat dari laju pertumbuhan Covid-19. Pembatasan yang lebih ketat di PPKM Darurat, tentu berdampak pada masyarakat.

"Oleh karena itu sesuai perintah dari Presiden Jokowi, Polri akan menurunkan bantuan sosial sebesar kurang lebih 2.500 ton beras dan 70 ribu paket sembako yang akan segera didistribusikan jajaran Polri yang dibantu Babinsa ke titik-titik yang terdampak PPKM darurat," ungkap Sigit, Sabtu (17/7).

Baca juga : Menkes, Panglima TNI, Dan Kapolri Lepas Bantuan Sembako Untuk Masyarakat Solo

Kapolri mewanti-wanti jajarannya agar seluruh bantuan itu sampai kepada masyarakat yang terdampak PPKM Darurat.

"Saya tidak ingin menerima informasi di lapangan masih ada masalah terkait bantuan sosial, tolong guyur dan habiskan stok. Kemudian dilaporkan bila habis, nanti akan segera dilakukan penambahan. Selain itu dari Kementerian Sosial juga akan membantu terkait bansos. Ini semua dilakukan pemerintah dalam rangka menekan dan menurunkan laju pertumbuhan Covid-19," tegas mantan Kabareskrim ini.

Selain melepas bantuan, Menkes, Panglima TNI, dan Kapolri juga meninjau Posko PPKM Mikro (Darurat) di Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo. Sejak PPKM Darurat diberlakukan, laju pertumbuhan Covid-19 di desa Sawotratap mengalami penurunan.

Baca juga : “Pak, Bu, Ini Bansosnya...”

Setelah itu Kapolri beserta rombongan meninjau ketersedian paket obat bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri dari pemerintah di Kodim 0816 Sidoarjo. "Jajaran Polri siap mendukung dalam proses pendistribusian obat," tegas Jenderal Sigit. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.