Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesan Wakil Ketua KPK Buat Anak-Anak: Jadilah Agen Pelopor Kejujuran

Senin, 19 Juli 2021 16:45 WIB
Menteri PPPA Bintang Puspayoga (bawah), Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (kanan), serta pendongeng Rona Mentari, saat menghadiri webinar  bertema Forum Anak Pelopor Kejujuran, Senin (19/7), dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) 2021. (Foto: Humas KPK)
Menteri PPPA Bintang Puspayoga (bawah), Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (kanan), serta pendongeng Rona Mentari, saat menghadiri webinar bertema Forum Anak Pelopor Kejujuran, Senin (19/7), dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) 2021. (Foto: Humas KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar berpesan kepada anak-anak untuk menjadi pelopor kejujuran.

"Mulai dari diri sendiri, sebarkan pada keluarga dan tularkan ke teman-teman. Jadi teladan dan pemimpin yang baik bagi orang lain," ujar Lili di hadapan 700 peserta webinar bertema “Forum Anak Pelopor Kejujuran", Senin (19/7).

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Forum Anak dan KPK sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 23 Juli.

Baca juga : Wakil Ketua MPR Sepakat Senayan Jadi RS Darurat Corona

Peserta webinar berasal dari Forum Anak Nasional san Forum Anak Daerah dari seluruh Indonesia, para fasilitator nasional dan daerah, serta pendamping Forum Anak.

Dalam kesempatan tersebut, Lili mengingatkan kepada anak-anak yang masih duduk di bangku SMP dan SMA tentang bentuk-bentuk dan bahaya korupsi.

"Pemuda berpotensi menjadi koruptor karena tidak memiliki integritas dan tidak memegang teguh nilai-nilai agama. Diawali dari melakukan perbuatan-perbuatan tidak jujur," tutur mantan Wakil Ketua LPSK ini.

Baca juga : Ketua Umum APTRI: Jawa Timur Tak Perlu Impor Gula

Lili pun menyebutkan sembilan nilai integritas yang selalu KPK sosialisasikan, yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil, serta bagaimana implementasinya dalam kehidupan anak-anak sehari-hari.

Dia juga meminta anak-anak untuk menjauhi perbuatan tidak terpuji seperti titip absen, bolos sekolah, datang terlambat, menconte, atau melakukan plagiarisme.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri PPA Bintang Puspayoga menyampaikan harapannya agar Forum Anak baik di tingkat nasional maupun daerah dapat meningkatkan perannya sebagai 2P, yaitu pelopor dan pelapor.

Baca juga : Wakil Ketua DPR: Anggota Dewan Juga Ikuti Aturan PPKM Darurat

"Peran Forum Anak sebagai pelopor dilakukan dengan membangun kebiasaan positif, inovatif dan kreatif. Peran ini sangat strategis dan menjadikan Forum Anak sebagai agen perubahan kejujuran," pesan Menteri Bintang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.