Dark/Light Mode

PPKM Darurat, Gunungan Grebeg Besar 2021 Di Keraton Yogyakarta Ditiadakan

Selasa, 20 Juli 2021 11:30 WIB
Ilustrasi Keraton Yogyakarta. (Foto: Wikipedia)
Ilustrasi Keraton Yogyakarta. (Foto: Wikipedia)

 Sebelumnya 
"Semua ini dilakukan oleh Keraton Yogyakarta agar betul-betul mengikuti prosedur dalam PPKM Darurat untuk mengurangi kerumunan," ujarnya.

Gusti Kirono, sapaan akrabnya, menuturkan pada tahun ini Ubarampe gunungan yang dibagikan ke Pura Pakualaman dan Kepatihan dilaksanakan pada hari yang berbeda untuk meniadakan kerumunan.

Baca juga : PPKM Darurat Diyakini Dorong Pertumbuhan Transaksi Digital

"Meski demikian, esensi pelaksanaan grebeg tidak berkurang, yakni sebagai ungkapan syukur dan sedekah dari raja kepada kerabat dan rakyatnya," ujar dia.

Ia mengatakan prosesi tersebut sebagai wujud konsistensi Keraton Yogyakarta dalam menjaga tradisi leluhur meski dalam keterbatasan.

Baca juga : PPKM Darurat Diperpanjang, Pengusaha Pusing

"Mengingat masih dalam situasi pandemi, segala kegiatan pementasan paket wisata Keraton Yogyakarta juga masih diliburkan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan," ujarnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.