Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet MRT, BP Jamsostek Gelar Vaksinasi Gratis Bagi Pekerja

Rabu, 21 Juli 2021 21:41 WIB
BP Jamsostek menggandeng PT MRT Jakarta (Perseroda) menggelar program vaksinasi Covid-19 khusus bagi peserta BP Jamsostek pengguna MRT. (Foto: Ist)
BP Jamsostek menggandeng PT MRT Jakarta (Perseroda) menggelar program vaksinasi Covid-19 khusus bagi peserta BP Jamsostek pengguna MRT. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menggandeng PT MRT Jakarta (Perseroda) membuka program vaksinasi Covid-19 khusus bagi peserta BP Jamsostek beserta keluarga pengguna moda transportasi massal tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pembentukkan herd immunity sebagai salah satu upaya menanggulangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. 

Direktur Kepesertaan BP Jamsostek Zainudin mengatakan, untuk mempercepat pembentukan herd immunity, dibutuhkan 70 persen dari penduduk Indonesia yang telah mendapatkan vaksin.

Baca juga : Mulai Besok, Stasiun MRT Blok A Gelar Vaksinasi, Nih Syaratnya...

"Untuk itu, saya mengimbau kepada seluruh peserta BP Jamsostek untuk memanfaatkan fasilitas vaksin gratis ini agar herd immunity dapat segera terbentuk sehingga perekonomian nasional dapat segera bangkit," katanya di Jakarta, Rabu (21/7).

Zainudin menjelaskan, kegiatan vaksinasi gratis ini akan digelar di Stasiun MRT Blok A dalam 2 tahap. Tahap pertama akan berlangsung selama tiga hari pada tanggal 22 hingga 24 Juli mendatang. Total sebanyak 3.600 dosis vaksin telah disediakan bagi peserta BP Jamsostek dan keluarganya.

Namun, bagi yang hendak vaksin, terlebih dahulu mendaftar harus melakuka  pendaftaran melalui aplikasi JAKI mulai tanggal 20 Juli, menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau aplikasi BPJSTKU, membawa hasil cetak Kartu Kendali Vaksinasi atau pre-screening, WNI usia 12-17 tahun didaftarkan dengan Nomor Induk Keluarga (NIK) yang terdapat di kartu keluarga, dan WNI usia 18 tahun ke atas (menggunakan nomor KTP).

Baca juga : Percepat Herd Immunity, KAI Genjot Vaksinasi Gratis Di Stasiun

Kemudian, syarat berikutnya adalah sehat dan tidak hamil. Apabila penyintas Covid-19, minimal sudah sembuh tiga bulan, menunjukkan surat rekomendasi dokter rawat apabila sedang dalam penanganan penyakit, tidak terdaftar sebagai penerima vaksin sebelumnya, menunjukkan KTP asli, dan membawa dan menunjukkan seluruh dokumen persyaratan pada hari pelaksanaan.

Untuk menambah kekebalan tubuh, kata Zainudin, BP Jamsostek juga akan membagikan paket penambah imun kepada seluruh peserta BP Jamsostek yang turut serta dalam kegiatan vaksinasi ini. 

"Semoga dengan semakin banyaknya masyarakat pekerja yang sudah mendapatkan vaksin, angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan, sehingga produktivitas pekerja dapat kembali normal dan ekonomi nasional bisa segera pulih," harapnya.

Baca juga : Bupati Ade Ngarep Mobil Vaksinasi Jangkau Pelosok Bogor

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Cilandak Puspitaningsih mengaku BP Jamsostek terus berupaya untuk mendorong terbentuknya herd immunity di Indonesia.

Menurutnya, melalui program vaksinasi gratis ini diharapkan mampu menekan angka penularan Covid-19 serta kedepannya bisa terbebas dari pandemi ini. "Saya juga mengajak bagi masyarakat pekerja yang belum terlindungi BP Jamsostek agar segera mendaftarkan menjadi peserta kami," katanya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.