Dark/Light Mode

Tes Swab Drive Thru Intibios Lab Dekatkan Pelayanan Ke Masyarakat

Kamis, 22 Juli 2021 08:53 WIB
Peresmian layanan tes swab drive thru Intibios Lab Cirebon. (Foto: Intibios Lab)
Peresmian layanan tes swab drive thru Intibios Lab Cirebon. (Foto: Intibios Lab)

 Sebelumnya 
Intibios Lab adalah buah kolaborasi sejumlah pengusaha, dokter, dan tenaga ahli laboratorium setelah melihat Indonesia masih mengalami keterbatasan jumlah laboratorium untuk memenuhi rasio pengujian Covid-19 sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Laboratorium ini fokus pada tes swab PCR dan antigen, serta tes serologi yang bermanfaat dalam deteksi Covid-19. Kolaborasi ini digagas Enggartiasto Lukita, pengusaha senior dan mantan Menteri Perdagangan bersama pengusaha Sumadi Seng, Belly Budiman, Then Herry, dan Rio Abdurrachman, dan Dokter Nanny Djaya.

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis menyambut baik solusi yang disediakan Intibios Lab. “Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Intibios Lab yang telah berinovasi dalam pelayananannya kepada masyarakat. Dengan drive thru ini, pelayanan bisa lebih cepat dan tidak ada kerumunan. Pada akhirnya, masyarakat Cirebon yang diuntungkan dan mendapat manfaat dari layanan ini,” kata Azis.

Setelah beroperasi sebagai laboratorium fokus Covid-19 sejak pertengahan 2020, Intibios Lab kini tengah bertransformasi untuk mengembangkan layanan menjadi laboratorium klinik dengan layanan yang lebih lengkap. Seperti pemeriksaan darah untuk deteksi penyakit dan medical check-up. Saat ini, Intibios sudah memiliki 15 unit laboratorium di sembilan kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan sudah termasuk dalam 742 laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan.

“Kehadiran drive thru mendapat sambutan positif karena selama ini masyarakat harus mengantre cukup lama dan harus pergi ke unit laboratorium yang jauh dari rumah. Namun, masih perlu waktu agar dinas-dinas kesehatan dari pemerintah daerah bisa melihat manfaat layanan yang sejalan dengan program pemerintah pusat ini,” tambah Rio Abdurrachman. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.