Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Turun Langsung Ke Slum Area, Kapolri Dan Panglima TNI Blusukan Bagikan Bansos

Kamis, 22 Juli 2021 20:50 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito, meninjau pelaksanaan vaksinasi di SDN Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/7). (Foto: Ist)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito, meninjau pelaksanaan vaksinasi di SDN Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, terjun langsung ke pemukiman padat penduduk alias slum area untuk menyerahkan bantuan sosial (bansos) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 kepada masyarakat terdampak.

Ada tiga titik di Jakarta Pusat yang dikunjungi Kapolri dan Panglima TNI. Pertama, keduanya didampingi Kepala BNPB sekaligus Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito, ke Gang Antasia, Sawah Besar.

Tiba pukul 15.10, rombongan Kapolri-Panglima disambut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengky Haryadi. Mereka meninjau pelaksanaan vaksinasi. Setelah itu, Sigit dan Hadi menyerahkan langsung bansos kepada masyarakat setempat.

"Semoga membantu, ini untuk membantu kebutuhan sehari-sehari," ujar Sigit kepada salah satu warga yang menerima bansos itu.

Warga yang menerima bansos di antaranya Ali Muskon (36) dan Suwandi, driver ojek online yang berhenti "narik" karena terdampak PPKM, Saiful Anwar (44) mantan karyawan hotel travel yang saat ini dirumahkan, dan Ending Samsudin (52) seorang pedagang kopi.

Baca juga : Biar Rakyat Jateng Tenang, Ganjar Pastikan Salurkan Bansos

Sigit menjelaskan, bansos tersebut berasal dari pemerintah yang disalurkan melalui TNI-Polri. Hal ini merupakan wujud kehadiran negara di tengah masyarakat. Sekaligus, bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Saat membagikan bansos tersebut, eks Kapolda Banten ini juga mengingatkan masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Tetap pakai masker ya. Kalau ada saudaranya yang butuh masker, kasih. Terima kasih ya," imbaunya. "Terima kasih banyak ya pak, sangat membantu," jawab warga tersebut.

Senada, Panglima TNI juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehari-hari, meskipun sudah menerima vaksin. "Tetap pakai masker ya, ini ada sembako, jaga kesehatan ya," pesan Panglima.

Setelah itu, Panglima TNI dan Kapolri melanjutkan peninjauannya ke SDN Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat. Tiba di sana pukul 15.40, mereka melihat secara langsung vaksinasi keliling TNI-Polri yang dilakukan dalam 9 tenda.

Baca juga : Kapolri Dan Panglima TNI Bikin Senang Warga Banten

Selama meninjau, Sigit, Hadi, dan Ganip didampingi Kepala Puskesmas Kecamatan Gambir dokter Ratna Sari serta Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta.

Vaksinasi keliling ini merupakan program jemput bola menggunakan mobil vaksin untuk menyambangi daerah maupun lokasi padat penduduk di wilayah Jakarta.

Saat ini telah tersedia 62 unit mobil vaksin keliling. Target vaksinasi adalah 300 orang per hari dengan sasaran masyarakat umum dan remaja usia 12-18 tahun.

"Kami memiliki 62 unit mobil vaksinasi di DKI Jakarta untuk menjangkau daerah-daerah, sehingga lebih mudah diakses masyarakat," ucap mantan Kabareskrim Polri ini.

Di pemukiman padat penduduk Duri Pulo, Panglima TNI dan Kapolri juga menyerahkan bansos kepada masyarakat. Sigit memastikan, seluruh warga yang terdampak, bakal mendapatkan bansos dari pemerintah.

Baca juga : Panglima TNI Dan Kapolri Disanjung Rakyat

"Ini buat bantu ibu, dapat semua ya. Di dalamnya ada masker, vaksin sudah ya, tetap pakai maskernya untuk jaga kesehatan ya," tutur Sigit kepada warga, sembari membagikan bansos ke tiga anggota keluarga tersebut.

Setelah itu, Panglima TNI dan Kapolri serta Kepala BNPB mengunjungi Rusun Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka melakukan sosialisasi vaksinasi keliling dan kembali menyerahkan bansos kepada masyarakat di permukiman padat penduduk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.