Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Baik Daripada Usap Hand Sanitizer

Selasa, 27 Juli 2021 21:40 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku dr Reisa Broto Asmoro (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan kembali bahwa mencuci tangan menggunakan sabun lebih baik dalam menghilangkan kuman dibandingkan cairan hand sanitizer. Karena itu, dia menyarankan masyarakat untuk lebih mengutamakan mencuci tangan.

“Jadi, saran utama yang sudah kita kenal dari ribuan tahun lalu, yaitu cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Cuci tangan harus ada langkahnya, seperti yang sudah saya singgung ada enam langkah, cuci tangan yang benar selama 20 detik,” kata Reisa, dalam “Dialog Semangat Selasa” di Media Center KPC-PEN, di Jakarta, Selasa (27/7), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Lebih Baik Fokus Bentuk Herd Immunity Daripada Perpanjang PPKM Darurat

Langkah mencuci tangan yang dimaksud Reisa adalah basahi tangan, lalu gosok kedua telapak tangan menggunakan sabun dengan gerakan memutar, usap dan gosok kedua punggung tangan, gosok sela-sela jari, bersihkan ujung kuku secara bergantian, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Terakhir, letakkan ujung jari ke telapak tangan dan gosok perlahan, kemudian bilas tangan dengan menggunakan air yang bersih.

Reisa mengatakan, mencuci tangan dengan menggunakan sabun di bawah air mengalir lebih disarankan untuk dilakukan masyarakat dibanding menggunakan cairan hand sanitizer. “Kadang-kadang, orang itu memakai hand sanitizer hanya pada bagian bawah tangannya saja. Dia tidak menjalankan langkah cuci tangan seperti saat mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun tersebut,” katanya.

Baca juga : NU DKI: Keselamatan Lebih Utama Daripada Shalat Di Masjid Dan Takbir Keliling

Ia menambahkan, pemakaian hand sanitizer diperbolehkan. Pemakaian hand sanitizer juga efektif membunuh kuman saat tidak ada air yang mengalir. Hanya saja, kandungan alkohol atau antikuman yang ada di dalamnya harus di atas 65 persen. Cara pemakaiannya juga harus menyeluruh, tidak hanya telapak tangan.

“Jadi, baik telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, sampai kuku dan bagian-bagian tangan lainnya, semua akhirnya bersih. Tidak hanya bagian bawah saja,” kata dia.

Baca juga : Sinar Mas Donasikan Lebih Dari 1.200 Ton Oksigen Tiap Bulan

Untuk menghilangkan segala kotoran dan kuman yang ada di tangan, ia menyarankan masyarakat tetap menggunakan sabun dan mencuci tangan di bawah air yang mengalir selama 20 detik. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir merupakan bagian dari 3M protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk memutus rantai penularan Covid-19. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.