Dark/Light Mode

Proyek Laptop 2,4 Triliun Dituding Kemahalan

Nadiem, Bicaralah!

Minggu, 1 Agustus 2021 07:40 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud dan Ristek), Nadiem Makarim. (Foto: Dok. Kemdikbud)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud dan Ristek), Nadiem Makarim. (Foto: Dok. Kemdikbud)

 Sebelumnya 
Entah dari mana netizen dapat harga Rp 10 juta tersebut. Mungkin hasil pembagian anggaran dengan jumlah laptop yang dibeli. Namun dengan cepat, topik ini meramaikan perbincangan di jagat Twitter. Tak sedikit muncul cuitan yang nyenggol Mas Menteri. Bahkan berbagai kata kunci, seperti ‘Laptop Merah Putih’ hingga ‘32 GB’ jadi trending topik di Twitter.

Setelah rame diomongin warganet, Karo Perencanaan Kemendikbudristek, M. Samsuri langsung bersuara. Dia mengaku heran, dari mana netizen memperoleh angka pembelian laptop Rp 10 juta.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Rp 1,3 Triliun Untuk Musnahkan Limbah Medis Covid-19

Kata dia, dalam pembelian TIK bukan hanya untuk laptop. Namun juga ada peralatan pendukung seperti wireless router hingga router, itu bergantung pada kebutuhan pemerintah daerah masing-masing. Soal harga laptop yang menjadi Rp 10 juta, dirinya tidak mengiyakan maupun menyangkal hal tersebut. Menurutnya itu kembali lagi dengan spesifikasi yang ada dan beberapa tambahan pendukungnya.

“Sebenarnya saya tidak bilang betul atau tidak betul. Ya mungkin saja ketika daerah itu mengadakan lewat e-catalogue LKPP, laptop dengan spesifikasi tertentu terus dengan beberapa tambahan pendukung harganya sampai Rp 10 juta, mungkin-mungkin saja,” kata Samsuri.

Baca juga : Nadiem Dikawal Luhut

Namun penjelasan tersebut tak membuat kritikan mereda. Akun @kevinpramudya sedih menilai rendahnya spesifikasi laptop yang disyaratkan. Menurut dia, dengan spesifikasi itu paling cuma bisa main Zuma doang. “Monitornya cuma 11 inch juga ya, murid-murid yang minus tambah minus pak pak ya Allah,” kicaunya. “Sedih bener speknya,” timpal @decemberprime.

“Yuk, mas menteri, jangan sampai ini lolos, nggak guna banget laptop spek begini dan harganya sama sekali nggak masuk akal,” ujar @perdana_famul. “Mas menteri lulusan harvard loh ini, masa kagak tau acan sama spesifikasi laptop,” ledek @saiifumi. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.