Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peran ISEI Bagi Perekonomian Nasional Terus Diperkuat

Jumat, 30 Juli 2021 13:01 WIB
Ketua ISEI yang juga Gubernur BI, Perry Warjiyo. (Foto: ist)
Ketua ISEI yang juga Gubernur BI, Perry Warjiyo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) yang juga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menekankan, perlunya memperkuat peran ISEI pada perekonomian, akademisi dan pengabdian kepada masyarakat.

"Setidaknya ada empat aspek utama yang perlu dilakukan oleh para pengurus ISEI di seluruh Indonesia," ucap Perry dalam diskusi publik BI-ISEI bertajuk Perekonomian Terkini, Prospek dan Respons Bauran Kebijakan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual, Jumat (30/7).

Baca juga : Bank Mandiri Segera Hentikan Operasional Cabang Terakhir Di Serambi Mekah

Pertama, terus memperkuat sinergi ISEI untuk memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi. Kedua, mendorong inovasi dan kontribusi untuk mempercepat implementasi kebijakan reformasi struktural dalam mencapai Indonesia maju pada 2045. Antara lain melalui hilirisasi sumber daya alam ke sektor manufaktur untuk mengatasi kesenjangan ekonomi daerah. 

Ketiga, memberikan konrtribusi dan berperan dalam digitalisasi di berbagai aspek terutama ekonomi dan keuangan digital serta Pendidikan. "Yang terakhir atau keempat, mengoptimalkan pelaksanaan program pemberdayaan (empowerment) pengurus ISEI di pusat dan daerah," tegasnya.

Baca juga : Ini 3 Peran ISEI Dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi

Dalam kesempatan tersebut, Perry juga melantik tiga pengurus cabang ISEI, yaitu Bengkulu, Banyuwangi, dan Sangihe, yang diisi dari kalangan akademisi, bisnis (pelaku dunia usaha) dan pemerintahan (government).  

Perry juga memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus pusat dan pengurus cabang yang terus memperkuat peran ISEI untuk semakin berkontribusi nyata bagi perekonomian nasional dan juga bagi dunia akademis. 

Baca juga : Pemerintah Cari Solusi Terbaik Masalah Perunggasan Nasional

Dalam tiga tahun terakhir, ISEI telah melakukan transformasi mulai dari perubahan AD/ART, termasuk penguatan kepengurusan ISEI di 47 cabang, dan pelaksanaan kajian publik sebagai bagian dari kontribusi ISEI dalam memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.