Dark/Light Mode

Eks Pejabat BPN Bakal Disidang Di Pengadilan Tipikor Surabaya

Selasa, 3 Agustus 2021 23:16 WIB
Gedung KPK. (Foto: Ist)
Gedung KPK. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Inspektur Wilayah I Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Gusmin Tuarita dan eks Kabid Hubungan Hukum Pertanahan BPN Jawa Timur Siswidodo bakal segera diadili atas kasus penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Hal ini seiring dengan langkah tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah melimpahkan berkas perkara keduanya ke Pengadilan Tipikor Surabaya.

Berita Terkait : Ratusan Personel Disumpah, KPK Pastikan Nggak Ganggu Penanganan Perkara

"Hari ini (3/8) Jaksa KPK Roni Yusuf telah melimpahkan berkas perkara terdakwa Siswidodo dan terdakwa Gusmin Tuarita ke Pengadilan Tipikor pada PN Surabaya," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Selasa (3/8).

Dengan pelimpahan itu, penahanan telah beralih dan menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor. Untuk tempat penahanan para terdakwa selama proses persidangan akan dititipkan.

Berita Terkait : Penyidikan Rampung, Aa Umbara Segera Disidang

"Terdakwa Siswidodo di Rutan Polda Jawa Timur dan terdakwa Gusmin Tuarita di Rutan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur," imbuhnya.

Selanjutnya, tinggal menunggu penetapan penunjukan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang pertama dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Berita Terkait : Berkas Perkara Dilimpahkan KPK, RJ Lino Segera Disidang

Para terdakwa masing-masing didakwa dengan dakwaan kesatu, pertama Pasal 12 B Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Atau Kesatu-Kedua, Pasal 11 Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Dan Kedua Pasal 3 UU TPPU. [OKT]