Dark/Light Mode

Mobilitas Warga Turun

10 Daerah Patut Diacungi Jempol

Jumat, 6 Agustus 2021 07:16 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers PPKM. (Foto : rm.id).
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers PPKM. (Foto : rm.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepuluh kabupaten/kota telah berhasil menurunkan mobilitas warganya dalam mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro menyatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi, PPKM Level 4 yang diberlakukan 26 Juli sampai 2 Agustus sebagai kelanjutan dari PPKM Darurat, telah berkontri­busi terhadap turunnya angka kon­firmasi kasus harian, jumlah kasus aktif, meningkatnya kesembuhan dan bertambahnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

“Terbukti, kalau bersama-sama kita kerja atasi pandemi, ternyata bisa melalui masa-masa kritis di beberapa minggu lalu. Alhamdulillah,” kata Reisa saat konferensi pers PPKM secara daring, kemarin.

Baca juga : Mei Boleh Lepas, Kini Warga AS Kembali Disarankan Pakai Masker

Dokter lulusan Universitas Pelita Harapan (UPH) itu mengungkapkan, ada 10 kabupaten/kota yang berhasil menu­runkan mobilitas warganya.

Kesepuluhnya adalah Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Bondowoso.

Kemudian, Kota Salatiga, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Purworejo.

Baca juga : Ekstra Waspada, Seluruh Kab/Kota Di Jabar Dianggap Level 4

“Terima kasih khususnya kami sampaikan kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah kota/kabupaten ini. Anda teladan kami, matur sembah nuwun,” ucap Reisa.

Menurutnya, tindakan sederhana seperti diam di rumah atau minimal mengurangi be­pergian keluar rumah, mampu menurunkan kasus.

Soalnya, dengan melaku­kan hal sederhana itu, risiko penularan virus Corona bisa ditekan. Apalagi, kini ada varian Delta yang kemampuan penularannya jauh lebih cepat dari virus Corona biasa. Bisa mencapai 2-3 kali lipat.

Baca juga : Mobilitas Masyarakat Turun, PPKM Darurat Manjur Juga

Jika varian awal Covid-19 bisa menulari 2 orang, maka varian delta bisa menulari 6 sampai dengan 8 orang dalam sekali kontak dengan pasien atau droplet yang mengandung virus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.