Dark/Light Mode

BOR Luar Jawa-Bali Naik, Tabung Oksigen Dan Obat Harus Tersedia

Pemerintah Kudu Gerak Cepat

Minggu, 8 Agustus 2021 05:05 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi. (Foto : rm.id).
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi. (Foto : rm.id).

 Sebelumnya 
Menurut @pandemictalksID, sekarang ICU RS Covid-19 kembali penuh dan merata di seluruh Indonesia. Keterisian tempat tidur di ICU rumah sakit di luar Pulau Jawa pun semakin banyak yang melebihi batas.

“Efeknya, nakes (tenaga kesehatan) semakin lelah dan semakin banyak pula pasien gejala berat yang sulit mendapat perawatan,” ungkapnya.

Akun @trythis menimpali. Dia bilang, daerah di luar Jawa dan Bali merupakan rantai terlemah menghadapi Covid-19. Soalnya, daerah tidak memiliki infrastruktur dan tenaga medis yang banyak.

Baca juga : Merdeka Dari Jajahan Covid-19

Untuk itu, @Bernica_Julianty meminta seluruh tim gugus Covid, agar luar Pulau Jawa dan Bali dibantu persediaan tabung oksigen, obat, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan (faskes). Kata dia, seluruh kebutuhan pasien Covid-19 harus disediakan dan memadai agar lonjakan kasus dapat terkontrol.

“Kita belajar dari Jakarta,” kata @Bernica_ Julianty. “Semoga fasilitas kesehatan (faskes) di lokasi-lokasi yang angka kasus naik sudah siap. Lengkap dengan obat-oksigen,” harap @unilubis.

Akun @hongkiy meminta Pemerintah Pusat memperhatikan pulau luar Jawa-Bali. Kata dia, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Timur (Kaltim), Sumatera Utara (Sumut), Riau juga membutuhkan perhatian dalam penanganan virus asal Wuhan, China ini.

Baca juga : Genjot Terus Vaksinasi, Semoga Pandemi Covid-19 Cepat Berlalu

“Semoga juga segera dapat dosis vaksin yang memadai, terima kasih,” harap dia, sembari me-mention Presiden Jokowi di akun @jokowi.

Menurut @Kretagama_RI, dalam merespons melonjaknya Covid-19 di luar Pulau Jawa dan Bali, Pemerintah mulai melakukan berbagai tindakan preventif melalui berbagai strategi. @KemenkesRI mengatakan, strategi dari hulu dan hilir dimaksimalkan Pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19.

“Hasilnya, tren kasus di beberapa daerah di Jawa-Bali menurun. Untuk itu, upaya ini juga akan direplikasi & diperketat di luar Jawa- Bali,” kata dia.

Baca juga : Vaksin Covid Nggak Ribet Kok

“Saya berharap yang dilakukan Pemerintah bisa tepat waktu dan meredam kasus di luar Pulau Jawa-Bali,” timpal @Amharu1Mighto. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.