Dark/Light Mode

Jokowi Teken Perpres Baru

7 Wamen Kosong, Yang Mau, Silakan Kasak-kusuk

Senin, 9 Agustus 2021 08:34 WIB
Ilustrasi kursi Wamen. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kursi Wamen. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi terus membuka posisi Wakil Menteri (Wamen). Saat ini, ada 22 kursi Wamen. Lima belas sudah terisi, 7 masih kosong. Siapa yang bakal mengisi ketujuh posisi itu, masih misterius. Bagi yang mau, silakan kasak-kusuk.

Di periode kedua ini, Jokowi memang banyak membentuk posisi Wamen. Pembentukannya tidak sekaligus, tapi dicicil. Pada 29 Juli lalu, Jokowi baru saja membentuk kursi Wamen baru dengan meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2021 tentang Kementerian Investasi dan Perpres. Dengan Perpres ini, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bisa punya wakil. Namun, penunjukannya masih belum ditentukan.

Baca juga : Wamendag Usul Beri Diskon Bagi Yang Sudah Divaksin

Sebelumnya, Jokowi juga sudah membentuk enam kursi Wamen. Namun, keenamnya juga masih kosong. Yaitu Wamenkop dan UKM, Wamenaker, Wamendikbudristek, Wamenperin, Wamen ESDM, dan WamenPAN-RB.

Sedangkan kursi Wamen yang sudah diisi adalah Wamenhan, Wamenkumham, Wamenkes, Wamentan, Wamen BUMN (dua orang), Wamenlu, Wamenkeu, Wamenag, Wamendag, Wamen PUPR, Wamen LHK, Wamendes, Wamen ATR, dan Wamenparekraf.

Baca juga : Jokowi Teken Perpres Kementerian Investasi, Bahlil Bakal Punya Wamen

Pihak Istana menegaskan, pembentukan posisi Wamen tersebut merupakan hak prerogatif Presiden. Kapan saja Presiden membentuk dan menunjuk orang, diperbolehkan secara hukum. "Itu kewenangan dan otoritasnya Presiden kan,” ucap Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ade Irfan Pulungan, saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka, kemarin.

Bagaimana tanggapan parpol koalisi terkait hal ini? Sekjen Partai Hanura I Gede Pasek Suardika mengatakan, pihaknya siap mendukung dan menyiapkan kader terbaiknya untuk membantu kerja Jokowi. Tapi, Pasek menegaskan, Hanura tidak akan mengemis menuntut jabatan. "Bukan masalah tertarik atau tidak, tetapi bagaimana bisa maksimal membantu pemerintahan Jokowi," ucap Pasek, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Mantap, Jokowi Perpanjang PPKM Sampai 2 Agustus

PKB juga menyatakan siap menyuplai kader terbaiknya jika diperlukan untuk duduk di kursi Wamen yang masih kosong tersebut. "PKB akan selalu siap memberikan kader terbaik. Presiden bersama ketua umum yang akan memutuskan," ujar Ketua DPP PKB Daniel Johan. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.