Dark/Light Mode

Muhammadiyah: Tahun Baru, Hijrah Kolektif Kaum Muslimin Atasi Pandemi Covid

Selasa, 10 Agustus 2021 09:09 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: PP Muhammadiyah)
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: PP Muhammadiyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan hijrah adalah momentum yang selalu melekat di dalam kehadiran tahun baru Islam.

Menurut Haedar kehadiran tahun baru Islam dengan semangat hijrah tentu bagi kaum muslimin bukan hanya sekadar ritual, seremonial dari pergantian waktu, tetapi memiliki semangat kesejarahan dan keagaaman yang luhur dan utama.

Baca juga : Mahfud Harap Tahun Baru Islam Jadi Booster Optimisme Lawan Pandemi

“Jadikan Tahun Baru 1443 Hijriah ini sebagai semangat hijrah untuk mengimplementasikan spirit perubahan sebagaimana makna hijrah yakni berpindah atau berubah,” ujar Haedar,  Senin (9/8).

Haedar berpesan Tahun Baru Hijriah juga harus dimaknai hijrah kolektif bagi segenap kaum muslimin untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Baca juga : Sambut Tahun Baru Hijriah, Bamsoet Ajak Umat Islam Sukseskan Vaksinasi

"Di tengah situasi bangsa yang masih mengadapi musibah yang berat maka kaum muslimin harus menjadi kekuatan di garda depan sebagai uswah khasanah sebagai solusi mengatasi pandemi," ujar Haedar.

Hijrah yang menandai kehadiran Tahun Baru Hijriah, lanjut Haedar harus memiliki makna perubahan dari kehidupan organisme yang menuhankan segala hal di muka bumi selain kepada Allah SWT menuju pada kejihadan tauhid yang berkeadaban tinggi di bawah sinar nilai-nilai ilahi.

Baca juga : Muhammadiyah: Dari Kacamata Ahlus Sunnah, Vaksinasi Wajib Hukumnya

Menurut Haedar, kehadiran Tahun Baru Islam dengan semangat hijrah bukan hanya sekadar ritual atau seremonial dari pergantian waktu. Tetapi juga memiliki semangat kesejarahan dan keagamaan yang luhur dan utama.

 “Hijrah juga sebagai suatu proyeksi teologis yang lebih jauh harus menjadi ikhtiar membangun kehidupan dalam mebawa pada kemajuan di segala kehidupan,” ujar Haedar. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.